On Saturday 22 May 2004 08:25 pm, David Sudjiman wrote:
> [...]
> lain. Bagi saya, T###as termasuk bentuk (1).
>
> Untuk yang nomor (2) bagaimana? apakah mudah menjual produk opensource
> yang benar2 open? gimana dengan pembajakan dan kompetisi bisnis? contoh
> saja persh. L######do, saya dengar perusahaan ini mbikin aplikasi based
> opensource, tetapi kemudian dijual closed source (Baca note * dibawah)
>
> Kalo mau mengandalkan training, consultancy, dan SDM rasanya kok masih
> kurang (baca masih bisa expand). Tapi kalo nambah bikin S/W gimana bisa
> jual opensource kalo harus buka 'rahasia' program sehingga memang harus

Jualan emang susah kalo bawa2 open source. Tapi bisa. inga biar bagaimana pun
ada service2 yang ga bisa diprovide sama vendor2 gede. Mis gimana kalo kita
perlu bikin sebuah kios yang begitu up langsung tampil aplikasi tanpa tau
O/Snya. Mo pake M$ coba aja kl bisa. ato aplikasi embended laen. biar
bagaimana pun Open Source adalah tempat resource knowledge 'n pengetahuan
yang hampir ga terbatas masalah maketin itu jd service tergantung tiap2
pebisnis. Toh dr pengalaman beberapa org biar si client dikasih sourcenya
mereka masih lebih suka ngontak sama yang buat dulu.

Jd inget nanya Stallman dulu pas di Jogja masalah ginian. Kalo ga salah
pertanyaannya "Apa dg Open Source/Free Software kita bisa sekaya Bill Gates".
Jawabannya kl ga salah ngeracao bukannya dijawab dia malah cerita betapa
kayanya pegawai2 M$. So emang kalo bisnis di Open Source mungkin agak susah
ngebayangin jd segede M$. Ato kalo mo gede yah terpaksa ngikuti gayanya Red
Hat. Jd bisnis disini yah istilah kata asal cukup ajah.

> Oya, saya juga ingat salah satu distro R###a Linux, tetapi AFAIK
> perusahaan ini kurang liquid, L######do juga mulai membaik gara2 bisa maen

Liquid ga liquid yang pasti persh ini masih jalan dan tambah maju, buktinya
sekarang yang punya dah bawa Taruna gantiin motor. Mungkin mekanisasi
marketingnya beda kali tp paling ga setahu saya kemaren malah lagi tambah
programer

> di level S/W (tapi closed), T###as sempet goyang katanya (meskipun menurut
> saya jenis yang ini cukup gampang diimplementasikan, hanya saja kalo
> memang 'musim kering' perushaan mana juga bisa goyang)
>
> Ada kabar mengenai persh. yang dulu pegang MIS di RS pertamina?

Dah ga ada lagi urusannya ama open source dah diporting ke Java. Perusahaan
yang lama dah ga terlibat meski desainnya masih sama.

Java => !Open Source
Hibernate,Velocity,Turbine,TapestryTorque,XDoclet,Black Down,Ant => Open
Source.

Java indentik dg JVM dan implementasi bahasa dari Sun, yg mana !Open Source,
adapun yg disebut dibawahnya adalah hasil dari proses Open Source. Jd mohon
di bedakan antara Java dan Java Language, Java dg Framework, Component yang
menggunakan Java Language

> Sekali lagi mohon dimengerti bahwa pendapat yang saya kemukakan diatas
> memang agak membahayakan bagi pemilik persh. tetapi ini hanya sebuah
> diskusi untuk melihat bagaimana sebuah bisnis opensource bisa menjadi
> liquid di indo. Bisnis tetap bisnis, entah itu menjual S/W atau menjual
> gadis :-)

hee...hee....he...jual gadis/perawan.
> thx
> ..dave
>
> note *: Maaf kalo agak menyudutkan, tetapi saya memang bener2 bingung
> untuk melihat bagaimana sebuah persh. indo bisa survive jualan barang
> opensource. Maksud saya bener2 jualan barang opensource tanpa harus pake
> iming2 training atau consultancy. Memang, idealnya (AFAIK, CMIIW)
> perusahaan ini membuat proyeak opensource (OS) dan kemudian menjual biaya
> instalasi dan SDM, tetapi apakah ada yang seperti ini di Indo? please
> advise.

Tau dah masih banyak percobaan yang berlangsung ttg konsep bisnis open source
terutama di Indonesia kita lihat perkembangannya nanti. Apa konsep bisnis ini
bisa jalan apa ngak.