Saya setuju sama Mas David. Gimana cara testnya itulah yang perlu dipaparkan.

Contohnya :

Sistem A.
Linux +GCC + pustaka yang diperlukan + Shell + Apache + PHP + MySQL + iptable = X jumlah aplikasi

Sistem B.
Ms Windows 2000 + IIS + ASP/ASP.NET + MS SQL server + firewall (?) = Y jumlah aplikasi

Kalau yang dibandingkanya semua patch OpenSource vs semua patch Windows ya jelas aplikasinya sedikit yang Windows punya, sehingga patchnya juga sedikit.
Seharusnya tidak bisa asam mana "jeruk" atau "mangga" bukan ?

Linux patch-nya "mahal" mungkin karena banyaknya distro yang digunakan, mungkin juga patch-nya belum dimirror di IIX.

Mesin-mesin saya pake slackware sejak 2 tahun lalu, patch-patch mengikuti slackware security update, jumlah patchnya dapat dihitung. Yang jelas tidak ada major patch sehingga ada aplikasi yang tidak jalan/jalan tidak sempurna seperti halnya saat SP2 di windows.