2009/1/16 Rusmanto <rusma...@gmail.com>:

> Saya juga sering terpeleset ketika harus menjelaskan perbedaan
> Open Source (www.opensource.org) atau OSI
> dan Free Software (www.fsf.org) atau FSF.
>
> Setelah saya diskusi dengan Pak Ibam alias
> RMS (Rahmat M. Samik-ibrahim) dari Indonesia, saya rangkum sbb:
>
> - Keduanya memiliki visi dan misi hampir sama, bahwa software itu
> dapat digunakan untuk apa saja oleh siapa saja,
> dapat dipelajari cara kerjanya dan dikembangkan ulang
> karena source code tersedia, serta dapat disebarluaskan.
>
> - Perbedaan 1: istilah
> Menurut OSI, istilah Open Source untuk "memperbaiki"
> [...]

Uik...uik... Om Stallman pasti mencak2 kalo disama samain gini, masih
inget Waktu ILC pertama ngudang Beliau di press conf ada warta wati
bertanya : gimana masa depan open source di Indonesia, langsung di
semprot yang kira-kira artinya Anda salah menanyakan pada orang yang
salah, Open source gerakan lain bukan gerakan saya. Dia kalo marah
langsuh menghardik lo. Buat dia besar sekali bedanya.

Meski secara umum mirip ada perbedaan yang mendasar, meski sama2 bebas
konteks bebasnya sedikit beda. Disebut Freesoftware kalo memenuhi 4
kriteria kebesannya FSF : bebas menjalankan, bebas mempelajari, bebas
mendistribusikan kembali, bebas mengembangkan. Nah dia strict nie kalo
ga memenuhi ke 4nya bukan FS meskipun code sumbernya di buka. Kalo
kita ngikutin FSF maka pada tahap tertentu kita terikat padanya(tidak
bebas), kita tidak bisa lagi bebas menutup sebagian code sumber kita
misalnya karena FSF berifat menular. Tidak demikian dengan Open Source
disini ada level kebebasan tertentu terutama untuk pengembang
derivatif dari code sumber yang sudah ada mo diapakan bahkan bisa di
tutup lagi tuh kode sumber(jelas suatu penghianatan kalo menurut
Stallman).

Nah sama2 bebas kan :P

Bingung2 deh :-P makannya lebih cocok buat geeks kan ....(dukung geeks
ketik RWG GEEKS kirim ke .....)

Resza