Teguh DC wrote:

> Itu salah satu yg saya khawatirkan, vendor hardware dan ms bisa saja
> bersembunyi dibalik OEM. kalau sdh oem gini kan jadi tdk ada bedanya dg
> kasus apple dg mac nya.
>
> vendor hardware akan bilang persis seperti yg anda bilang, "mo maksa
> beli hardwarenya doang ya silakan harganya segitu gak bisa maksa kalo
> beli laptop tanpa windows"
>
> --
> [ dheche ]

Produsen hardware yang membundle dgn OS Windows bisa dituntut dengan
tuduhan monopoli, karena menghalangi pesaing Windows mendapatkan
kesempatan yang sama.

Apple ga bisa dituntut monopoli karena ga ada saingannya. Hardwarenya
memang bisa diinstall OS apapun, tapi OSnya hanya bisa diinstall di
hardware tersebut. So, ini kasus beda, ga akan pernah bisa disamakan
dengan kasus Windows.

Di luar negeri sudah ada yang menuntut refund untuk Windows yang tidak
digunakannya, dan dimenangkan pengadilan. Tinggal sekarang di Indonesia,
kapan bisa seperti itu :)

--
Donny Kurnia
http://hantulab.blogspot.com