On Wed, 04 Mar 2009 07:43:56 +0700
Donny Kurnia <donnykur...@gmail.com> wrote:

> Produsen hardware yang membundle dgn OS Windows bisa dituntut dengan
> tuduhan monopoli, karena menghalangi pesaing Windows mendapatkan
> kesempatan yang sama.

CMIMW, praktek monopoli sangat tergantung dg besar pasar yg dikuasai.
Bisa jadi produsen A yg membundle dg os tertentu tdk dikategorikan
melakukan praktek monopoli karena pangsa pasarnya hanya 5%, sementara
produsen B yg sama2 membundle dg os tertentu bisa dikategorikan
melakukan praktek monopoli karena pangsa pasarnya sdh mencapai lebih dr
70%.

kalo asumsi saya ttg keterkaitan besar pasar yg dikuasai di atas benar,
akan sulit memaksa produsen hardware (saya kurang tau berapa persen yg
dikuasai masing2 produsen hw di indonesia). kalau pun tdk ada yg
dominan di pasar, paling bisa diseret ke arah kartel.

> Apple ga bisa dituntut monopoli karena ga ada saingannya. Hardwarenya
> memang bisa diinstall OS apapun, tapi OSnya hanya bisa diinstall di
> hardware tersebut. So, ini kasus beda, ga akan pernah bisa disamakan
> dengan kasus Windows.

OSX memang tdk melakukan monopoli, tapi apple menghalangi OS lain
mendapatkan kesempatan yg sama di perangkat kerasnya.

Windows versi OEM
pun belum tentu bisa diinstal diperangkat keras lainnya, karena seperti
kita tau dg mekanisme OEM biasanya ada beberapa fitur yg dihilangkan,
atau disesuaikan dg perangkat kerasnya.

dikerucutkan ke versi OEM aja, karna kalo versi retail sdh lebih jelas.

> Di luar negeri sudah ada yang menuntut refund untuk Windows yang tidak
> digunakannya, dan dimenangkan pengadilan. Tinggal sekarang di Indonesia,
> kapan bisa seperti itu :)

refund diperoleh dari produsen perangkat kerasnya kan ? bukan dr ms.
(kalau pun dibelakang layar kemudian produsen perangkat keras
mengajukan refund ke ms, itu lain cerita)

jadi mestinya yg dituntut emang produsen perangkat kerasnya, bukan ms
sbg produsen perangkat lunak. ms terseret apabila memang terbukti ada
deal-deal dibelakang layar yg mengarah ke persaingan usaha tdk sehat.

asik emang kalo produsen hardware di indo bisa ngasih opsi refund atau
mereka menyediakan hw kosongan.

--
[ dheche ]