salam kenal semua, saya fajar. saya baru mengenal linux dan sekarang
sudah mulai mencoba menggunakan OS linux (ubuntu hardy heron),
walaupun terkadang menggunakan windows juga ( ada program yg tidak ada
di ubuntu). setelah kurang lebih 1 bulan saya menggunakan linux, saya
mendapatkan beberapa masalah, diantaranya pertama program yg ada pada
windows jauh lebih banyak, sehingga saya merasakan ketidakbebasan
dalam menggunakan program untuk linux, kedua saya berada di propinsi
bangka belitung dan tidak ada komunitas untuk linux, sehingga saya
sangat sulit untuk tanya jawab masalah linux, ketiga saya sudah
mengikuti milis - milis yang membahas tentang linux (salahsatu nya
ini), tetapi saya tidak menemukan informasi yang saya inginkan, dalam
arti kata saya sangat tidak mengerti sama sekali apa yang dibahas oleh
teman - teman di milis (maaf klo saya terlalu lemah untuk mengerti),
keempat, saya sudah belajar secara otodidak dengan membaca tutorial
online maupun offline, tetapi lagi - lagi saya menemukan sesuatu yang
belum saya mengerti ( terlalu tinggi n mendikte sehingga tidak ada
sisi pembelajaran, malahan membuat pikiran jadi terkotak n tidak bisa
berkreasi).
demikianlah masalah yang saya hadapi ( mgkin bukan masalah bagi teman2
skalian ), dengan ini saya sangat mengharapkan bantuan teman2 yang ada
di milis ini untuk memberikan pencerahan kepada saya, terus terang
saya hanya bisa menjalankan program yang GUI saja, untuk console saja
hanya tau perintah sudo, apt-get, wget, upgrade n install, tapi gak
tau sama sekali apa yang sebenarnya terjadi, sehingga makin hari
kapasitas file makin besar dan waktu loading sangat lama (berbeda
sekali dengan pertama install n belum saya utak atik) dan lagi
sekarang sering hang. karena sering upgrade n update, pilihan program
yang dulu hanya 1 ( generik ), sekarang menjadi banyak ( generik
....., generik....., server...., server...., generik.....) dan saya
benar  benar gak ngerti sama sekali apa itu.
sekali lagi maaf klo terlalu kepanjangan, saya hanya ingin
menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan. besar sekali harapan saya
teman - teman sekalian bisa membantu saya dalam masalah ini, untuk itu
saya sangat berterima kasih kepada teman - teman semua...

hormat saya,

fajar aswin