Dear HMNA,
Kali ini saya juga ingin berdiskusi sedikit dengan
anda yang beberapa tulisannya sangat saya nikmati.

Untuk hal yang berhubungan dengan topik diatas dan
pendapat Dedat. Jawabnya sangat sederhana:
1. Siapa yang bisa menerima bila ada yang berkata
bahwa DIA mengetahui segala sesuatu tentang hal di S:
ORGA dan ALLAH Pencipta?
Jawab: Hanya mereka yang beriman kepadaNYA.

Mengapa?
Meskipun yang menyampaikan hal tentang SORGA dan ALLAH
itu datang dari SORGA dan bersama-sama dengan ALLAH,
mana mungkin manusia2 yang berdosa dan "sok tau"
seperti ahli2 taurat dan kaum Israel/Yahudi saat itu
mengerti?

Untuk sesuatu yang tidak kita mengerti, apalagi semua
orang belum mengerti. Julukan yang pantas diberikan
kepada sipenyampai pesan atau ide, hanya ada 2:
1. Yang halus: Ini orang Aneh/Nyentrik dll.
2. Yang kasar: Ini orang Gila.

Begitulah situasi yang saya pahami saat membaca dan
merungkan hal itu.

Mengenai Kutipan anda yang saya copy, tentang YESUS
adalah Utusan Allah sbb:

Joh 17:23  Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku
supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu,
bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau
mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Untuk memahami konsep Trinitas, memang sangatlah
sulit, meskipun banyak orang (Theolog) ternama dan
lainya melukiskannya.

Namun ayat yang anda kutip diatas memberikan sedikit
gambaran dimana terjadinya penyatuan namun tetap
terpisah:
1. AKU didalam mereka, secara roh YESUS didalam orang
   yang percaya kepada DIA. Unsur ke 3 Trinitas adalah
   Roh Kudus yang merupakan ujud yang berkuasa
   mengajar dan merubah hidup orang percaya kepada
   Yesus.
2. AKU didalam ENGKAU (Bapa), sebagai wujud persatuan
   keIlahian dan kesatuan hakekat ke Allahan Bapa dan
   YESUS.

Untuk apa?
1. Supaya mereka yang percaya kepada YESUS sempurna,
   yang berarti disempurnakan atau dipulihkan kembali
   hubungan antara Manusia dengan Allah sang
   pencipta, sama seperti maksud awal dari penciptaan
   Adam dan Hawa yang bersekutu dengan Allah Sang
   Pencipta.
2. Istilah Mengutus Aku dalam pengertian bahwa
   keinginan atau kehendak dan rencana penebusan dosa
   manusia adalah misi dari ALLAH baik dalam peran
   sebagai Bapa, YESUS (ANAK) dan Roh Kudus.
Menapa: Karena "bahwa Engkau yang telah mengutus Aku
        dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama
        seperti Engkau mengasihi Aku"
ALLAH BAPA, ALLAH ANAK (YESUS), ALLAH ROH KUDUS
mengasihi umat manusia ciptaanNYA meskipun sudah jatuh
kedalam dosa pemberontakan melawan perintah ALLAH yang
dimulai dari Adama dan Hawa.

Semoga penjelasan saya yang singkat ini dapat
dimengerti, malah doaku supaya melalui diskusi yang
langka ini, saudara HMNA pun mendapatkan pencerahan
dan diselamatkan oleh YESUS.

Kalau tidak demikian, setidaknya kita jadi saling
mengerti mengapa sudut pandang dan pengertian antara
mereka yang percaya pada YESUS sebagai Tuhan dan
Juruselamatnya dan yang tidak, bisa berbeda atas
beberapa hal yang rumit untuk dipahami di ALKITAB.

Salam pencerahan,
Berman S.

--- "H. M. Nur Abdurrahman"