On 05/07/07 11:53 +07:00 Hery Setiawan wrote:
> Tapi menurut saya, sulit atau tidak menyulitkan itu tergantung
> dari bagaimana kita memberikan pengertian ke user. Toh konfirmasi ini
> hanya sekali saja, dan kalau user paham.

Challenge/response itu interaksinya antara mailserver Anda dg original
sender secara langsung. Kalau yg gaptek atau tidak (mau) mengerti adalah
si sender sementara Anda tidak punya "kendali" untuk ngajarin mereka,
repot.

Berbeda dg greylisting yg interaksinya antar mail server yg ditangani
oleh "educate person", kalau terjadi problem akan lebih mudah
penanganannya (kecuali ketemunya dg postmaster yg ignorant yg mailboxnya
saja full indikasi tdk pernah dicheck walah yg ini sih memang lagi apes
aja).
Dg greylisting yg delaynya cuma dalam bilangan menitpun (tanpa perlu
interaksi dari original sender) msh kadang terjadi sender/recipientnya
ngomel, apalagi dikasih challenge/response.

Nggak punya user yg gaptek berposisi tinggi ?
Kalau misalkan ybs baru kenalan dg orang bisnis (gaptek) lain di
lapangan golf lalu mau komunikasi lewat mail setelahnya atau minta
dimasukkan kedalam milis alumni geng mereka, bisa rame deh kejadiannya.

> Jadi usulan saya, sebaiknya usulan bapak diteruskan saja ke
> ALT-N. Saya yakin fitur ini pasti banyak yang membutuhkan. Apalagi plus fitur
> yang  fleksibel greylisting, pasti MDaemon akan menjadi MailServer
> dengan tools paling lengkap.
>
> Tdk ada salahnya usul Pak, toh nggak bayar juga...he..he..

Nanti saya pertimbangkan lagi.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 9.6.1 beta B under WinXP

Versi Terakhir : MD 9.6.0, MDSP 3.0.4, MDOC 2.1.5

Kirim email ke