>Mau tanya Pak Syafriel dan teman-teman, apakah sudah ada yang pernah
>meng-implementasikan proxy server seperti yg dijelaskan dalam knowlegde base
>tersebut.
>
>Kira2, apa saja keuntungan dan kekurangannya?
>Niatnya sih nanti apache web server (sbg proxy) ditempatkan di dmz, port
>worldclient dan webadmin yabg sebenarnya hanya dapat diakses oleh web server
>tersebut. Selain menghemat >resource (dr mesin mdaemon), dan juga menambah
>security.

Menurut saya keuntunganya engga ada. Keuntungan adanya proxy(istilah kerenya
reverse proxy) bila ada serangan DDOS maka yang kena hanya si apache tetapi
bila si apache diletakkan di DMZ maka jadi percuma karena umumnya DMZ sudah
dilengkapi dengan Firewall & IPS yang pasti akan melindungi dari serangan DDOS.

Kekuranganya filter persistent IP tidak berfungsi terus semua email yg tercatat
di log wordclient akan berasal dari di IP reverse proxy tsb.

Bila sudah punya DMZ ngapain pakai reverse proxy lagi ?

Webadmin sebaiknya hanya bisa diakses dari lokal saja