On 2013-09-06 00:48, Ahmad Ardiansyah wrote:
> Mohon pencerahannya, apa yang bisa saya lakukan jika MDaemon di server
> saya kerasa lambat banget.
> saya buka world client, saya kirim email, dan akhirnya banyak antrian di
> queue khusunya di local queue.

Maksudnya setelah kirim satu mail dari worldclient lalu tiba-2x terjadi
banyak antrian di local queue?
Mail apa yang dikirim? Recipientnya local user, milis atau external domain?

Seberapa banyak yang stuck di local queue?
Bagaimana dengan queue lain (holding queue, quarantine queue,
remote/retry queue dan inbound queue)?

> sebagai informasi, saat ini saat saya lihat di task manager :
> CPU usage 2-5%
> Memory 5 Gb

Pakai Operating System apa?
Apakah OS dimana MD terinstall sebagai "member domain" atau stand alone
(workgroup tanpa trust relationship)? Atau tadinya member domain tetapi
sudah di demote ke stand alone?
Partisi (drive path) dimana terinstall MDaemon apakah semua di local disk?

> No firewall

Baik OS firewall maupun external firewall (front end firewall dan ISP
firewall) tidak aktif?
Apakah netbios protocol (maupun protocol lain diluar tcp/ip) sudah dihapus?

Bagaimana dengan antivirus?
Tidak run antivirus diluar securityplus atau discan oleh network antivirus?

> Sebagai informasi tambahan, saya sudah lakukan :
> 1. Is DNS service available? set = No
> 2. Ubah mode kerja MDaemon dari Service Mode ke Application mode
>
> klik "Remove service", lalu restart MDaemon application.

Tetap tidak ada perubahan setelah dilakukan tindakan diatas?
Apakah saat melakukan itu login ke windows menggunakan user
Administrator (local)?
Apakah saat install, modify, upgrade MDaemon selalu konsisten
menggunakan username yang sama?

Coba lakukan sbb:
- login menggunakan local Administrator (tidak boleh pakai user lain)
- dalam kondisi MDaemon stop, rename folder
\\MDaemon\queues
menjadi
\\MDaemon\queues.tem
- start MDaemon application

Apakah MDaemon berjalan normal (lakukan test beberapa kali) setelah itu?

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.5.2 SecurityPlus 4.1.5