Maksudnya setelah kirim satu mail dari worldclient lalu tiba-2x terjadi

> banyak antrian di local queue?

bukan pak, maksud saya adalah saya merasa MDaemon lambat dan saya suspect
karena banyak antrian di local queue.

> Mail apa yang dikirim? Recipientnya local user, milis atau external domain?

saya lihat, antrian emailnya adalah local user.

> Seberapa banyak yang stuck di local queue?

kemarin sebelum saya lakukan 3 step dibawah, antrian di local queue
mencapai 2000. tetapi pagi ini termonitor normal. (semoga kedepannya juga)

Bagaimana dengan queue lain (holding queue, quarantine queue,
> remote/retry queue dan inbound queue)?

untuk holding, quarantine, remote, retry maupun inbound terlihat normal.
antrian banyak di local queue.

> Pakai Operating System apa?

OS yang saya pakai adalah Windows server 2008 R2 Standard.

> Apakah OS dimana MD terinstall sebagai "member domain" atau stand alone
> (workgroup tanpa trust relationship)? Atau tadinya member domain tetapi
> sudah di demote ke stand alone?

Sempet kemarin MD terinstall di member domain, tetapi per tadi malam saya
lepas domain di OSnya pak.

> Partisi (drive path) dimana terinstall MDaemon apakah semua di local disk?

yup, MDaemon ada di local disk C dan untuk Mailbox saya arahkan ke local
disk E.

> Baik OS firewall maupun external firewall (front end firewall dan ISP
> firewall) tidak aktif?

untuk OS firewall sudah saya non aktifkan tetapi untuk ISP firewall,
informasi dari ISP sudah di by pass juga.

> Apakah netbios protocol (maupun protocol lain diluar tcp/ip) sudah dihapus?

berikut informasi netbios di server saya
C:\Users\Administrator>nbtstat -r

    NetBIOS Names Resolution and Registration Statistics

    Resolved By Broadcast     = 0
    Resolved By Name Server   = 0

    Registered By Broadcast   = 0
    Registered By Name Server = 0

> Bagaimana dengan antivirus?
> Tidak run antivirus diluar securityplus atau discan oleh network antivirus?

sudah saya hapus anti virus selain security plus pak.

> Tetap tidak ada perubahan setelah dilakukan tindakan diatas?

pagi ini termonitor normal.

> Apakah saat melakukan itu login ke windows menggunakan user
> Administrator (local)?

yup

> Apakah saat install, modify, upgrade MDaemon selalu konsisten
> menggunakan username yang sama?

yup

> Coba lakukan sbb:
> - login menggunakan local Administrator (tidak boleh pakai user lain)
> - dalam kondisi MDaemon stop, rename folder
> \\MDaemon\queues
> menjadi
> \\MDaemon\queues.tem
> - start MDaemon application
>
> Apakah MDaemon berjalan normal (lakukan test beberapa kali) setelah itu?

oke pak, nanti saya coba jika mdaemon terjadi antrian yang panjang kembali.
btw saat ini anti spam saya disable, apakah tidak masalah pak? jika ada
spam masuk, saya yang cegah kalo begitu pak? Terima Kasih

Salam,
Ardiansyah