On 2014-10-30 18:00, HERRY IDBLW IT DEPT. wrote:
> from [157.56.112.143:5152]
>
> Sebagian besar gagal terdelivery pada hari ini ke user Pak. Apakah
> ada setting yang khusus di MD untuk mengatasi masalah ini Pak?

Saya kuatir tidak ada, karena masalahnya ada di sender host yang
diletakkan dibelakang firewall.

Kirim mail dari server yang diletakkan dibelakang firewall yang buruk
settingnya (tidak bisa di ping dan atau telnet ke port 25) ke server
penerima yang diletakkan dibelakang firewall juga probabilitas gagalnya
memang besar, apalagi jika salah satu server punya kapasitas kanal
(bandwidth) kecil.

> Apakah ada pengaruhnya dengan bandwith traffic saat transmisi data atau ada
> pembatasan idle time di sisi firewall sender dll Pak ?.

Idle time out yang menghitung (start) adalah sender host bukan receiver,
dan umumnya firewall mengacaukan penghitungan ini dengan fitur tcp
filteringnya.

> Mohon petunjuk yang efektif untuk mengatasi hal ini karena email2 yang
> urgent gagal terdelivery ke user dan harus diresend ulang.

Ini pilihan yang tersedia untuk Anda

1. Non aktifkan semua firewall didepan MDaemon.

2. Naikkan kapasitas kanal internet (bandwidth).

3. Ubah preferensi MX host, primary MX = incoming relayhost (servernya
ISP atau mail hoster) yang nantinya meneruskan mail ke server Anda.
Umumnya server ISP tidak run dibelakang firewall atau tidak mengaktifkan
firewall tcp filtering dan kapasitas kanal internet mereka besar
sehingga probabilitas terima mail dari sender host yang diletakkan
dibelakang firewall akan membesar.

> Apakah yang harus saya sampaik ke pengelola email sender agar bisa bisa
> diresolve untuk penyesuain setting untuk masalah kami berikut Pak.

Nah kalau bisa "ngomong" ke pengelola mail domain sender maka ada
pilihan lainnya:

4. Minta ke mereka menyampaikan ke mail hoster (outlook.com) agar
memperbaiki setting firewallnya.

5. Ganti mail hoster ke yang lain, bukan outlook.com.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.5.1-64 Beta A, SP 4.5-64

Learning without thought is labor lost; thought without learning is
perilous.
        --- Confucius (551 BC - 479 BC), The Confucian Analects