On 2014-10-30 18:25, Syafril Hermansyah wrote:

> Saya kuatir tidak ada, karena masalahnya ada di sender host yang
> diletakkan dibelakang firewall.
>
> Kirim mail dari server yang diletakkan dibelakang firewall yang buruk
> settingnya (tidak bisa di ping dan atau telnet ke port 25) ke server
> penerima yang diletakkan dibelakang firewall juga probabilitas gagalnya
> memang besar, apalagi jika salah satu server punya kapasitas kanal
> (bandwidth) kecil.

Hmm... saya baru ingat bahwa MDaemon server Anda di set sebagai member
Active Directory ya.
Active Directory server maupun domain member punya besaran khusus untuk
MTU (maximum transmission unit) yang tidak mengikuti standard protocol
internet.

Standard Internet untuk Ethernet = 1500, sementara standard untuk AD
server/member = 1472

http://en.wikipedia.org/wiki/Maximum_transmission_unit
http://support.microsoft.com/kb/314825

Perbedaan standard ini akan membuat masalah jika Windows dimana
terinstall MDaemon melakukan DATA transfer dari/ke server yang
diletakkan dibelakang firewall dan memblock icmp (ping) protocol karena
mekanisme PMTUD tidak berjalan semestinya, seperti server host
outlook.com ini.

http://en.wikipedia.org/wiki/Path_MTU_Discovery

akan banyak/sering terjadi time out (winsock error 10054 dan 10053)
akibat paket defragment.

Kalau ada 2 NIC di MDaemon (1 ke LAN dan yang lain ke Internet) maka
ubah MTU untuk NIC yang terhubung ke Internet menjadi 1500 untuk IPv4
protocol.

lihat cara mengubahnya dari artikel berikut

http://my.bergersoft.net/2010/05/13/how-to-change-mtu-size-on-windows-xpvista72008/

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 14.5.1-64 Beta B, SP 4.5-64

You have to learn the rules of the game. And then you have to play
better than anyone else.
        --- Albert Einstein