On 2016-06-02 16:06, Asep Yuliyana wrote:
> Untuk yang pop3 kejadiannya tadi malam, di system log hanya ada informasi
> imap server busy Pak,

Berapa besar IMAP session connection yang di set di MDaemon?

> Yang ini saya tidak bisa pastikan Pak, tetapi seharusnya service lain
> berjalan normal seperti imap, webmail, dll

Bisa periksa ke log (smtp-in, smtp-out, worldclient) sekitar jam
terjadinya pop3 service unresponsive.

> Namun ketika smtp ini error (icon gear tetap hijau), saya tidak bisa telent
> ke smtp nya

Kalau di ping normal?

Sempat perhatikan task manager?
Network connection usage berapa persen saat itu?
Event viewer menginformasikan apa?

> Kemudian saya coba restart icon gear nya tidak kunjung merah, samapai
> sekitar 3menit, dan akhirnya saya langsung restart OS nya Pak.

Kalau network overload maka solusinya memang reboot.
Saat network overload maka application service akan unreachable.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.0.3-64 Beta A, SP 5.0-64

Perkecualian tdk selalu mrpkan pembuktian daripada hukum lama yg ada,
perkecualian bisa juga mrpkan pertanda dari masa mendatang, tibanya
hukum baru
        -- Marie van Ebner-Eschenbach, 1830-1916