> client yang tidak bisa connect ke pop3 server outlook atau thunderbird?
> Kalau outlook maka ada 2 kemungkinan:
> 1. tidak bisa connect ke smtp server dan berdampak 2. tidak bisa retrieve
mail dari pop3 server.
> kalau thunderbird, maka benar tidak bisa connect ke pop3 server.

Yang saya tau saat itu sih Outlook Pak, karena user kami dominan menggunkan
outlook, thunderbird mungkin hanya 20% dari jumlah account kami dan itu pun
biasanya untuk anak cabang

> Lihat jamnya, apakah pada saat terjadi error smtp-in log masih berjalan.

Transaksi smtp-out dan smtp-in berhenti di jam yang sama Pak, tidak ada
transaksi lain sampai saya restart OS, tidak ada kalimat error atau apapun,
semua transaksi berhenti di jam yang sama Pak.

> IMAP client atau worldclient bisa kirim mail saat itu?

Yang ini saya hanya test akses worldclient Pak, tidak sampai ke kirim email,
kedepan mungkin akan saya coba Pak,
IMAP pun hanya refresh di handphone, tidak sampai kirim email, namun ketika
refresh tidak ada pesan error seperti di outlook.

> Apa itu "gear hijau"?

Maaf Pak, maksud saya icon service (smto, pop3, imap, dll) yang ada di kolom
sebelah kiri, icon nya kan seperti bentuk gear :)

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/16.0.3/index.html?preferences_disk.htm
> drive mana saja yang dimonitor?
> Berapa nilai
> MDaemon will automatically disable TCP/IP services if free disk space
falls below [xx] MB
> lalu periksa ke sisa ruang disk di drive tersebut, apakah nilainya dibawah
atau sekitar nilai disk monitoring?

Untuk space masih aman sekali Pak, disk yang dimonitor adalah C:/ (OS) dan
D:/ (Mdaemon) below 100Mb
Biasanya kalau fail karena ini akan ada log nya di system log, namun yang
kami alami ini tidak ada error di system log

Terimakasih,
Asep. Y