On 2016-06-23 16:13, Asep Yuliyana wrote:
> Mohon maaf saya tanya lagi terkait anomali ini
> tadi pop3 kami anomali lagi, secara servicenya masih running Pak (gear
> berwarna hijau)
> namun semua client tidak bisa pop3 server

client yang tidak bisa connect ke pop3 server outlook atau thunderbird?
Kalau outlook maka ada 2 kemungkinan:
1. tidak bisa connect ke smtp server dan berdampak
2. tidak bisa retrieve mail dari pop3 server.

kalau thunderbird, maka benar tidak bisa connect ke pop3 server.

> Sesuai arahan Bapak Sebelumnya, saya sudah cek kanan kiri
>
> 1. Log system tidak ada informasi error,
> 2. log smtp-in, smt-out, pop3, worldclient, tidak ada apa-apa semua normal,

Lihat jamnya, apakah pada saat terjadi error smtp-in log masih berjalan.

> 3. service imap dan worldclient bisa berjalan dengan baik

IMAP client atau worldclient bisa kirim mail saat itu?

> Kemudians saya coba restart gear hijaunya namun saya tunggu sampai kira-kira
> 5 menit masih belum merah juga, akhirnya saya restart OS, baru semua kembali
> normal Pak.

Apa itu "gear hijau"?

Periksa ke disk monitoring

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/16.0.3/index.html?preferences_disk.htm

drive mana saja yang dimonitor?
Berapa nilai

MDaemon will automatically disable TCP/IP services if free disk space
falls below [xx] MB

lalu periksa ke sisa ruang disk di drive tersebut, apakah nilainya
dibawah atau sekitar nilai disk monitoring?

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.0.3-64, SP 5.0.1-64 Beta A

Meraih mimpi itu baik tapi melampaui mimpi itu jauh lebih baikā€¦
        --- Anies Baswedan