> Itu terjadi karena ada salah routing di internet router.
> Harusnya outbound traffic dari IP 172.30.30.100 selalu pakai (map to)
> public IP
> 139.0.8.241.
> Coba periksa ulang routing table/rule di internet router.

Maaf pak sebelumnya saya reply pakai gmail, ternyata benar ada routing
table yang salah.
dan kebetulan kami sedang implement IP transit, dimana IP public dmiliki
oleh kami sendiri, dan IP Email dan IP Ironport saat ini sudah berubah
Email berhasil dikirim.

namun muncul issue lain dimana IP yang baru ini belum memiliki PTR,
biasanya kami sounding ke ISP untuk tambahkan PTR, namun karena saat ini IP
Public yang digunakan milik kami sendiri, sehingga dari ISP tidak bisa
bantu.
yg sudah jelas memblok adalah milis ini, yahoo, dan beberapa email server
yang menggunakan ptr chcker.
mohon arahannya Pak, bagaimana kami membuat PTR ini, apakah di sisi DNS
public? bagaimana cara mengisinya Pak?

Terimakasih,
Asep. Y