> List server ini pakai public DNS karena tidak dirasa perlu mengaktifkan
> DNSBL.
> Kalau masih ditolak oleh list server ini artinya penyebaran perubahan DNS
> belum merata.
> Mungkin karena reverse DNS hanya satu sehingga lebih lambat penyebarannya
> dibanding normal.

berarti untuk ke milis saya tunggu saja ya Pak, samapai penyebarannya
merata?
tadi saya coba surfing ke beberapa web ptr checker, untuk ip 103.145.222.22
dan 102.145.222.21 sudah ada jawaban ptr nya Pak.

> Yahoo.com memang tidak melakukan verifikasi SPF, hanya DKIM
> Tetapi yang lebih penting lagi adalah adanya PTR record dan frekwensi
> pengiriman mail ke domain yahoo.com family
>
> https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg44059.html
>
> saya sudah buat setingan retry queue dan limit simultan connection by ip
menjadi 10
berarti tinggal tunggu saja ya Pak?

> Tidak

terimakasih Pak, berarti saya tetap dengan mail.kapalapi.co.id ya Pak?

> DKIM ADSP sudah obsolete (deprecated).
> Di MDaemon versi baru tidak lagi dipakai (pem file rekomendasi tidak lagi
> menyertakan pilihan ADSP).
> Dihapus saja DNS DKIM ADSP agar tidak terjadi tolakkan karena salah duga
> oleh receiver.
>
> https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg39107.html
>
> sudah saya disable Pak.

artinya untuk yahoo dan beberapa domain lain kami tinggal tunggu penyebaran
saja ya Pak?
ada yg perlu kami pastikan lagi tidak Pak?

Terimakasih,
Asep. Y