Assalaamu'alaikum wr. wb.

--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> assalamu'alaikum wr wb
>
> khilafah wajib
> khilafah bukan kerajaan dan bukan republik juga bukan liberal
> khilafah tidak terbatas pada wilayah / teritorial
> 1 imaam  untuk seluruh muslimin

Kalau sekarang, setting kelembagaannya terus gimana nich? Misalnya
gimana nantinya posisi negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam?

> pola nya  mengikuti jejak  rosul  dan kholifah  yang empat
> baik cara pembaiatan , pelaksanaan kesehariananya ,  dll

Polanya gimana tho? Apa sistem pemilihan khalifah rasyidah memang
demikian seragam? Apa sistem pemerintahan masing-masing khalifah sama
persis? Konon, Umar banyak melakukan inovasi, misalnya mengadopsi
sistem administrasi pemerintahan romawi. Bahkan beliau mengubah
tatacara pembagian ghanimah tidak seperti pada zaman nabi.

> mari kita  kaji bersama
> jangan bosan untuk mencarinya

Mari ... ayo ... let's go ... Eh, kalau saya mengatakan sistem khalifah
itu adalah sistem teodemokrasi boleh enggak ya?

Wassalaamu'alaikum wr. wb.
B. Samparan

NB.
Kalau nulis replay sebaiknya text-text mail yang lalu dihapus saja bila
tidak diperlukan.