--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> dalam
> pengertian
> al
> mawardi )

Lha negeri sama negara apa bedanya? Saya sudah baca Teori Politik
Deliar Noor, saya juga sudah baca Ahkamul Sulthoniah-nya Al Mawardi.
Atas dasar itu saya justru tambah mantep madinah yang didirikan
rasulullah adalah negara:-) Orang-orang LIB saja mengakui hal itu,
hanya mereka mengatakan bahwa Rasulullah mendirikan negara tuh karena
keperluan spesifik saat itu:-)

> mesti ada patokanya , nah  istilah " daulah khilafah islamiyah "
kayaknya istilah bukan dari  qur'an  dan  hadits tapi istilah  masa
kini

Istilah khilafah tuh ada di Al Qur'an dan Hadist, tapi rincian
kelembagaannya jelas nggak ada kan. Nah kelembagaan ini memang nggak
mungkin dipatok, wong ini memang harus berkembang sesuai dengan tahap
berkembangan kekhilafahan kaum muslimin kok.

> Negara
> undang-undang
> syareat
> , akhlaq
> samakan

Lho kenapa wilayah, rakyat dan UU harus dibandingkan dengan imaam,
kholifah, syariat dan akhlaq?

Di sini yang disebut melembaga itu gimana? Apa Al Qur'an dan Hadist
melarang melembagakan tentara? Rasanya kok tidak? Apa Al Qur'an dan
Hadist melarang melembagakan polisi? Rasanya kok tidak. Kelembagaan tuh
boleh kok diinisiasi untuk lebih mengefisiensikan pelaksanaan syariah
atau untuk mencapai kemaslahatan dan mengurangi kemadhorotan. Baca coba
Al Hisba fiil Islam karya Ibnu Taimiyah untuk mendapat lembaga-lembaga
pemerintahan yang muncul di sepanjang pemerintahan kaum muslimin.

> lebih
> mulia
> cuma
> lebih mulia
> berdo'a
> lagi

Dalam posisi sebagai kepala pemerintahan, ya sama donk. Emang kenapa
kalau sama dalam hal ini? Orang kafir dan musyrik juga menjadi kepala
rumah tangga, kita-kita yang muslim juga begitu? Apa karena sama-sama
menjadi kepala rumah tangga, lalu kita sama dengan orang kafir atau
musyrik? Ya memang bisa sama, ketika kita memenej rumah tangga kita
dengan gaya yang sama dengan mereka.

BTW, perbedaannya sebetulnya jelas, khalifah itu mengambil secara hak
dan mengalokasikan secara hak pula. Khalifah visi dan misinya adalah
menegakkan diinul Islam (Asy Syuro, 13)

> itu
> umumnya
> memang
> tarasa
> kekuasaan
> daerah
> akhirnya
> sebut "
> nasionalisme"

Lho di madinah ya jelas ada wilayah tho:-) Nabi biasanya mengutus ada
patroli di sepanjang perbatasan madinah, untuk berjaga-jaga dari
serangan kaum musyrikin. Adanya nama-nama Mekah, Madinah, dll
menunjukkan memang ada batas-batasnya. Kekuasaan jelas ada donk,
buktinya di zaman Rasulullah sering terjadi bentrokan antar penguasa,
baik penguasa wilayah kecil maupun wilayah besar. Di zaman kekhalifah
rasyidah lebih sering lagi nantinya.

Islamisme (sorry bahasanya ngawur aja) bisa juga termanifestasi dalam
keberadaan wilayah islami. Membela wilayah tidak lalu berarti membela
nasionalisme.

Wassalaamu'alaikum wr. wb.
B. Samparan