Ass. Wr. Wb

Kami ingin coba membantu, tapi mohon di cek kembali pada orang yang lebih
tahu dalam hal agama serta mohon koreksi dan maaf bila kami salah dalam
menyampaikan risalah ini.

Dasar : QS An Nisa' 23

Contoh yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan untuk menikah
Misal ada 5 org bersaudara (kandung)

Orang Tua                     A(lk)           B(lk)             C(pr)
D(lk)               E(pr)

Anak                           A1(lk)          B1(pr)            C1(pr)
D1(lk)             E1(lk)

maka     A1 tidak boleh (haram) menikah dengan B1 karena jika bapak B1 yaitu
B berhalangan maka A
              bisa menjadi wali B1 dan jika A juga berhalangan A1 bisa
menjadi walinya
             A1 boleh menikah dengan C1 karena yang berhak menjadi wali C1
adalah bapaknya (suami C) dan saudara
             laki-laki dari bapaknya C1
             C1 boleh menikah dengan D1 dengan dasar sama seperti A1 dengan
C1
             C1 boleh menikah dengan E1  dengan dasar sama seperti A1 dengan
C1

Dasar secara umum adalah jika seorang wanita akan menikah maka yang berhak
menjadi wali adalah
1. bapaknya
2. bila bapaknya berhalangan maka yang berhak adalah
    a. Kakeknya (Bapak dari bapak), saudara laki-laki kakek
    b. Uwak/Om (saudara laki-laki bapak) dan putra-putranya

dan yang bisa menjadi wali bila wali terdekatnya berhalangan haram hukumnya
menikah dengan wanita tersebut.

Dan dengan contoh diatas maka hukum "pariban" adalah boleh/halal sedangkan
jawaban untuk pertanyaan bpk Marjono adalah tidak boleh/haram

Demikian semoga bermanfaat

Wass. Wr. Wb