Jika setiap kita mendapatkan buku baru harus dicek n ricek oleh guru
ataupun orang tua, apa yang terjadi seandainya saat itu mereka sedang
berhalangan untuk mengecek buku tersebut. Lalu apa yang terjadi jika
mereka berhalangan secara permanen?

Mohon sarannya filter-filter apa saja yang harus kita miliki sebelum
menyerap informasi dari buku/artikel/kitab dll. ?

Salam,
Akmal H

"suhana032003" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: media-dakwah@yahoogroups.com
01/12/2007 02:41 PM

media-dakwah@yahoogroups.com
cc

Subject
[media-dakwah] Re: Saqifah

Banyak membaca memang bagus, tapi kalau membaca semua buku tanpa
mempunyai dasarnya yg dijadikan filter untuk mencounter sesuatu yg
bertentangan dengan al-qur'an dan hadist, ya..rasanya baca buku juga
jadi rawan.

Aku punya seorang guru yg sudah spt ayahku, dan bagiku beliau mapan
sekali pengetahuannya ttg islam, tapi..setiap kali beliau temukan
bacaan baru yg ingin beliau baca, selalu saja terlebih dahulu beliau
ijin pada ayahnya untuk membelinya dan kemudian ayahnya terlebih
dahulu yg membacanya. dan begitupun yg guruku lakukan kepadaku, semua
yg ingin aku baca biasanya selalu aku perlihatkan oleh guruku, kadang
aku disuruh nda perlu baca buku spt itu, kadang disuruh baca dari
daftar isi sampai habis, dan kadang aku langsung diminta untuk
membuang dan membakarnya.:)

memang ternyata efek bacaan yg kita baca itu mempengaruhi cara kita
dalam berpikir. hmm..aku menganalogikan otak kita itu spt memory
dalam komputer, yg mempunyai kapasitas dalam menampung data. Bila
komputer pentium 1 dimasukan data untuk kapasitas pentium 4, maka
otomatis komputer akan lambat or Hang.
Begitupun komputer pentium 4 yg dimasukan data sesuai kapasitasnya,
namun semua data kita masukan dengan acak (beragam) dari data
penting, hingga permainan, musik, film atau apapun yg tidak penting,
maka otomatis, resiko terkena virus pada komputer itu lebih besar.
dan data yg dimasukan dari input yg beraneka ragam, maka kemungkinan
output yg keluar pun bisa berantakan dan kacau.

nah..begitupun dengan otak kita. bila kita memilih bahan bacaan
tertentu dan yg dapat dipertanggung jawabkan kebenaran isinya, maka
output yg keluar dari argumen kita biasanya jernih. tapi..kalau
membaca semua bahan bacaan tanpa memilih dan memilahnya, maka outpun
yg keluar dari argumentasi kitapun jadi ngambang dan tidak jelas.

jadi..membaca itu perlu, tapi..alangkah baiknya bila kita mengetahui
kapasitas diri kita sendiri, apakah itu perlu untuk dibaca ataukah
hanya akan membuat hang otak kita? maka lebih baik ditinggalkan aja.

hmm..kadang aku suka malu sendiri sama guruku. yg dimataku beliau
begitu mapan dalam agama dan banyak sekali pengalamannya, namun tetap
hati2 dalam setiap memilih bahan bacaan. dan harusnya aku lebih hati2
dari guruku. ya..sejak itu, aku hanya mau membaca yg memang jelas
pengarang dan penerbitnya dan bisa dipertanggung jawabkan.

kalau isi bacaannya hanya berupa hasutan antara islam yg satu dgn yg
lain dan bikin pusing. ya..lebih baik tinggalkan. hmm..bagiku cukup
al-qur'an, dan hadist shahih sebagai bacaan yg dipercaya, ya..kalau
mau nambah bacaan rasanya lebih baik baca ttg sejarah Rasulullah dan
para sahabatnya. tapi bukan baca riwayat kelompok islam satu dgn
kelompok islam yg lainnya.

salam
hana

40yahoogroups.com>