Oke kita sharring aja, sebelumnya perlu diketahui..aku tidak pernah
meminta orang untuk mengamini apa2 yg aku katakan ini. Tapi
selanjutnya silahkan pikir dan pilih sendiri. karena yg aku tulis
adalah untuk pengetahuan dan keyakinan aku sendiri, dan aku nda
meminta orang untuk menyamakan keyakinan yg aku yakini.

Maksud khotbah jumat adalah memberi pelajaran dan informasi pada umat,
dan perintah pada saat mendengarkan khotbah jumat adalah :

(Al-A'raf : 204) Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah
baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.

Banyak ulama yg mengatakan bahwa haram bercakap2 pada saat
mendengarkan khotbah

Dari Abu Hurairrah, bahwasannya Nabi saw, telah berkata "apabila
engkau katakan diam kepada temanmu pada hari Jumat sewaktu imam
berkhotbah, maka sesungguhnya engkau telah menghapus pahala salat
jumatmu" (Bukhari)

Dzikir adalah mengingat Allah dan untuk mengingat Allah tidak melulu
harus dengan dzikir lafadz, tahlil, tahmid dan takbir saja. Tapi pada
saat mendengarkan khotbah jumat pun berarti sedang berdzikir kepada
Allah..

(Ar Ra'd: 28) (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi
tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati
Allah-lah hati menjadi tenteram.

Ini yg sering disalah artikan oleh umat islam kebanyakan saat ini,
kalau dzikir adalah sebatas ucapan tahlil, tahmid dan takbir aja.
Padahal inti dari mengingat Allah adalah setiap kali kita mengingatNya
di setiap kejadian, lalu kita temukan ketenangan di sana, maka itulah
dzikir.

Yg benar dari Allah yg salah dariku sendiri.

Salam
hana