From: ARIHADI <[EMAIL PROTECTED]>
To: media-dakwah@yahoogroups.com
Sent: Thursday, January 25, 2007 8:59:44 AM
Subject: Re: [media-dakwah] Re: Benarkah Doa Ya Robbi bil Musthofa?

Bu hana, yang dicintai Allah....

maaf, saya berpendapat bertawassul kepada orang selain nabi adalah tidak
diperbolehkan, tetapi bertawassul kepada nabi menurut hemat saya itu sah-sah
saja, ada satu contoh hadits lain ; "matahari akan mendekat ke kepala manusia
di hari kiamat, ketika mereka dalam kondisi itu mereka beristighotsah kepada
nabi Adam (HR. Bukhari) ". apakah ini bukan sama saja bertawassul kepada nabi
Adam ? bukankah nabi Adam sudah wafat ? para nabi sangat dekat dan sangat
dicintai oleh Allah, mereka ma'sum sangat jaaauh dengan diri kita atau pun
ulama/wali dsb maka wajar saja kita bertawassul kepada mrk.

sekali lagi, bertawassul haruslah dibarengi dengan ber isti'anah kepada Allah,
karena mutlak Allah penentu atas segala sesuatu. yang salah adalah bertawassul
dengan orang2 yang dianggap sholeh/suci selain para nabi. wallahu a'lam.

wassalam

____________ ______

wa'alaikum salam wr.wb

orang yg sudah meninggal tidak bisa mendatangkan manfaat bagi kita,
siapapun itu. bahkan kita dalam sholat tahiyat akhir selalu
mengucapkan sholawat dan salam serta keberkahan pada nabi Muhammad dan
keluarganya spt keberkahan pada nabi Ibrahim.

bertawasul kepada Rasulullah diajarkan pada saat Rasul masih hidup dan
kapasitas Rasul saat itu, adalah sebagai seorang Rasul yg saat ini
masuk dalam kategori orang sholeh, dimana doanya lebih didengar oleh
Allah. dan Rasulpun pernah minta di doakan oleh Umar, karena kapasitas
Umarpun salah satu orang yg dijamin syurga oleh Allah.

tawasul dengan orang2 sholeh itu dianjurkan, dengan syarat orang itu
masih hidup. spt dianjurkannya kita bertawasul pada amal2 kebaikan
kita, tapi pada saat Rasul dan sahabat sudah meninggal tidak pernah
diceritakan mereka bertawasul pada RAsul yg sudah meninggal.

Andai..bertawasul atau menyebut2 nama para nabi yg sudah meninggal itu
baik, maka Rasul akan mengajarkan kita untuk mengambil manfaat dan
tawasul pada nabi2 sebelum dirinya diutus.

kalau kata guru ngajiku..hanya orang gila aja, yg memanggil2 dan
menyebut2 nama orang yg sudah meninggal untuk dimintakan doanya.
karena yg meninggal itu butuh doa kita, dan bukan kita yg butuh doa
mereka.

jadi..silahkan cari di al-qur'an dan hadist apakah ada diajarkan
berdoa dengan menyebut2 kebaikan or manfaat para nabi dan orang2
sholeh yg sudah meninggal???

agama itu dengan iman dan ilmu, tidak hanya dengan akal dan perasaan
baik aja.

contoh menjalankan agama dengan perasaan baik aja, spt kebiasaan
keraton yogya yg mengarak kyai selamet (kerbau putih) dalam menyambut
malam 1 syuro, merasa ada manfaat pada seekor kerbau yg dianggap
keramat, hingga kotorannya pun disimpan jadi jimat. ini contoh orang
menjalankan agama hanya dengan perasaan dan akhirnya yg timbul adalah
kebodohan2.

contoh menjalankan agama dengan akal aja, spt orang2 JIL yg menganggap
bahwa al-qur'an itu ketinggalan jaman, karena teks al-qur'an saat itu
hanya ditujukan untuk orang jahiliyah saat itu dan tidak berlaku untuk
zaman sekarang. dan perlu ada perbaikan2. akhirnya menjalankan agama
hanya dengan akal saja, maka yg timbul adalah kesombongan dan
keingkaran2, serta merasa diri lebih pantas mengkoreksi wahyu Allah.

ibadah itu ada petunjuknya yaitu al-qur'an dan hadist rasulullah, jika
ibadah hanya dengan perasaan saja itu maka yg timbul adalah kebodohan2
dan keanehan2. ibadah dengan akal saja maka yg timbul adalah

--- In media-dakwah@ yahoogroups. com, "ARIHADI" <[EMAIL PROTECTED] .> wrote:

> Assalamualaikum wr.wb.
>
> perkenankan saya ikut nimbrung.
>
> tawassul dalam pandangan saya adalah memohon datangnya manfaat dari
Allah dengan cara menyebut para nabi dengan sebelumnya meyakini bahwa
yang mendatangkan manfaat hanyalah mutlak dari Allah semata. sebagai
contoh, Rasulullah SAW pernah mengajarkan kepada seorang yang buta
untuk bertawassul kepadanya. lalu orang buta tsb melakukannya di
belakang Rasulullah, maka Allah mengembalikan kebutaannya (HR. At
Thabarani).

> namun demikian, tawassul kepada para nabi harus dengan keyakinan
tetap kepada Allah semata. yang celakanya sekarang, kaum muslimin
cenderung bertawassul dengan siapa saja yang mereka anggap "suci" dan
menjurus ke musyrik, padahal Allah memerintahkan untuk meminta
pertolongan kepada Allah, " Dan mintalah pertolongan (kepada Allah)
dengan sabar dan salat" (QS.Al Baqarah.45).

> sementara untuk puji-pujian kepada Rasulullah SAW, menurut hemat
saya sah-sah saja. Allah saja memuji keagungan Rasulullah SAW (QS al
Qalam.4). hanya saja pujian ini jangan kelewatan, karena hanya Allah
saja yang boleh dipuji dengan pujian yang mutlak agung. mohon maaf
kalau ada kesalahan.

> wassalam

Syeh dan
Allah yang