Yang saya tangkap dalam dokumenter tsb, 'the frist Christians' itu ya
gabungan dari semua umat yg sekarang dianggap atau menganggap diri
mereka sebagai umat Protestan, Katolik, Yahudi, dsb, sebagai SATU
KESATUAN.

Kalau anda ingim MEMISAHKAN Yahudi, pisahkan juga semua aliran2
Kristen yg ADA saat itu (yg sebagian besar mungkin sudah tak ada lagi
saat sekarang), termasuk aliran2 yg gospel (tertulis)-nya sudah
musnah/ hilang/ dibakar oleh penguasa2 Roamwi di masa Konstantin atau
sesudahnya, atau oleh penganut gospel2 lain, kalau bukan menghilang
secara alamiah karena kurang pemeluknya.

Sekarang kan jauh lebih banyak aliran2 gereja2 yg berbeda di Amerika
dp di Indonesia? Saya yakin salah satu di antaranya mempercayai
(sebagian) isi salah satu gospel yg hilang/ musnah tsb. Mungkin Saksi
Yehova yg secara resmi tidak diakui di Indonsia adalah salah satu di
antaranya. Btw, saya di Indonesia pernah kenal dan bertetangga dekat
dg salah satu pengikut S. Yehova yg ajarannya tidak mengakui hari
Natal sbg hari kelahiran Jesus, spt yg diungkapkan (oleh scholar(s)?)
dalam dokumenter tsb.

Salah satu bukti keberadaan gospel2 lain ditayangkan oleh dokumenter
tsb berupa satu penemuan paling akhir tulisan kuno berisi ajaran
Kristen yg berbeda dg ajaran ke 4 gospel yg ada saat ini. Sayang
dokumenter tsb belum beredar secara komersial di jaringan kabel atau
dijual DVD-nya sehingga saya (yg mungkin tak akurat dalam menangkap
tayangan tsb) tak bisa menonton dan mengeceknya kembali.

Mungkin harus menunggu 1-3 bulan lagi sebelum ditayangkan di satu
stasion kabel atau dijual DVD-nya (saya belum pernah menjumpai DVD
dari CNN Presents) dan menunggu setahun lagi untuk muncul di tayangan
provider jaringan kabel langganan saya.

Salam

--- In mediacare@yahoogroups.com, "Kuroda Takumi" <[EMAIL PROTECTED]>