I Made Wiryana schrieb:
> Mungkin karena 'kelengkapan paket'.. saya menyukai SuSE kalau lagi
> jalan-jalan di Indonesia.. karena sebagian besar aplikasi yang kita
> butuhkan ada di CD itu.  Hal ini karena download adalah problem besar di
> Indonesia.
> Faktor lain adalah karena 'rapihnya' distribusi itu walau konsekuensinya
> lebih boros meminta space.

Faktor utama pribadi sich karena SuSE ngeyertain buku yg paling lengkap
isinya dibanding distributor lain, dan isinya cukup mendetil...
Selain itu SuSE cocok buat yg dari org yg iseng pengen coba2 tanpa tahu
latar belakang linux sampe bisa dibuat utk profesional...jadi boleh
dibilang suse itu buat semua orang...
Kalo kita bener2 udah kenal linux, kita bisa beli snap shot paket suse
dengan harga murah banget (20 CHF utk 6 CD, coba tuh bayangin!) dan buku
pegangan buat versi tsb juga ada dalam cd tsb...cuma musti cetak sendiri...
Pilihan ke 2 Iwan sich debian, cuma utk mereka yg baru coba2 linux kalo
dikasi debian bisa uring2an, karena banyak hal2 yg musti dikerjain sendiri,
spt ngebuat boot disk dulu, terus pas install ditanya macem2...yg kalo org
engga dari/suka dibidang informatik bakal deh singit...
Enaknya sama si susi ini dia orgnya cuek bebek banget, diajak ini itu mau
aja...kalo si susi suka uring2an kalo kita ngerubah sesuatu tanpa lewat
yast...tetep jalan sich, cuma ada sedikit anceman, spt kalo kagak jalan
lagi gara2 kamu ngerubah tanpa lewat yast ya jangan protes ke saya lho!
RedHat juga OK banget kok...cuma iwan engga ngefans...
salam
====
Herdarmadhi Kuswandito Utomo (Iwan)
Sonnmattweg 7, CH-5107 Schinznach Dorf (AG)
Sweetzerland. Tel. ++41 (76) 321 16 26