I Made Wiryana wrote:

> <deleted>
> Akibat harga yang sudah terlalu besar "hardware+software" akhirnya SDM
> jadi diabaikan.
>
> Misal (misal nih)..
>
> Biaya TI untuk satu departement 50 juta
>
> biaya sudah habis lebih dari 30 juta untuk beli hardware dan software
> sehingga untuk gaji dan pelatihan cuma 20 juta.
> Nah kalau dibalik, pakai software yang murah dan hardware yang murah,
> (misal menghabiskan hanya 7.5 juga)
> Maka sisa biaya 50 - 7.5 = 42.5 juta  dapat dipakai untuk biaya pelatihan
> dan dukungan teknis serta  TAMBAH GAJI PEGAWAI..he.h.he.he
> [...]

Ini tantangan yg menarik buat yg bekerja di IT, sebenarnya dikantor saya yg
dulu (bank yg sudah dilikuidasi ), menagement juga suka memberi peluang kalau
bisa membuat suatu sistem solusi yg dengan mengurangi biaya ( mis. inernet
banking vs atm ) dan cuma saat itu banyak bank yg berumur pendek. Padahal itu
salah satu tantangan menarik.  karena saat ini IT masih dilihat sebagai enabler
saja...bahkan kadang ada yg lebih parah..dianggap cost centre. Mungkin ini saat
yg tepat untuk menunjukkan bahwa IT adalah bagian dari management.

Ade