On Wed, 26 Jan 2000, Hikmat Rizal wrote:

> Ada yang menagatakan kepada saya bahwa
> biaya SDM yg bisa linux lebih tinggi dari pada biaya SDM yang biasa dengan
> microsoft.

> Biaya Total = Sama Saja.
>
> Bedanya biayanya tidak masuk kekantongnya om bill tapi ke para tukang
> program anyar .....
>
> bukan begitu bapak Made ???   -:)

Itu kalau diambil "worst case"... artinya taruhlah biaya SDM penggunaan
Linux (biaya ini termasuk, meningkatkan kemampuan, pelatihan, informasi,
dukungan penggunaan) ini ditotal dengan biaya hardware dan software sama
menjadi seperti di atas (pada kenyataannya tidak, bahkan kurang dari)

Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat yaitu "NILAI PELURUHAN".
Biaya peluruhan SDM ini lebih lama dari pada" biaya investasi hardware dan
sofware". Bukankan orang bisnis juga harus menghitung biaya
peluruhan...???

Belum juga termasuk kesuksesan sebagian besar didukung oleh SDM yang baik
bukan oleh "hardware dan software.".  Dan kegagalan sistem TI sebagian
besar karena faktor SDM.

Jadi pada  1 tahun pertama mungkin biaya total sama saja, tapi pada tahun
berikutnya.. akan drastis berkurang...8-)  (pada praktektnya... malah
biaya total untuk SDM dan hardware + software Linux jauh lebih rendah).

Belum kalau kita perbandingkan dengan knowledge yang didapat ketika
mempelajari Linux (Unix) relatif merupakan standard knowledge.

Anda belajar NT, sekarang dg Windows 2000 siap-siap ganti total
pemahamannya  dari sistem domain, sistem file, security. dan lain
sebagainya....he.h.e. istilahnya reinvestasi lagi...8-)

Anda belajar Linux (he.he.. saya sendiri nggak pernah pakai pelatihan)..
walau dari kernel 0.x, ... 2.2, 2.3, 2.4. dg file system pre ext2,
reisefs, ext3 ditanggung tidak perlu "rombak total" knowledge yang anda
miliki.  Mau DNS, LDAP, VPN dan lain-lain tidak menjadi masalah.  Karena
ketika si manusia-nya sudah nyemplung, maka dia menemui suatu
"konsistensi" konsep yang terbuka.  Sehingga akan memudahkan untuk
mempelajarinya.

Silahkan menilai sendiri mana yang membutuhkan biaya SDM lebih tinggi..
bedanya.. "tertutupi" dan "tidak tertutupi" saja koq...

NB : silahkan tanya biaya untuk MS Engineer berapa...8-) dan kursus
     Linux di salah satu pusat pelatihan berapa...