I Made Wiryana wrote:
> Itu yang dari dulu sudah saya sarankan salah satu wujudnya ya jadi
> dipakainya Linux untuk praktikum C di Lab TI itu..8-)

youp bener...
di lab ada yang namamnya praktikum OS, praktikum tsb awalnya cuma
menjadi 'pengamat' program simulasi OS (FIFO, RR, etc) dan mencatat
hasilnya dengan beberapa sample data dimasukan sebagai input.
kemudian berlanjut ke lingkungan linux (the real OS) untuk melakuan
koding dengan C, dan melihat hasil prosesnya...
nah sayangnya dari pihak kampus pada saat itu kurang bisa mendukung
untuk pengembangan menggunakan linux, sehingga antusia asisten menjadi
menurun... :(
untung masih ada orang2 yang bisa tetap mempertahannkan 'server linux'
untuk tetap hidup... (walaupun harus di switch dengan novell)

> salah satunya.. lainnya..he.he. termasuk naik ke genteng Margonda untuk
> memasang antena VSAT 8-)).

hehehe... canggih tuh... :)

> Malah saya sudah ngedrop buku praktikum C programming di UNIX waktu jaman
> saya kuliah di OZ dan Built your own OS 8-) dan juga sudah saya draft
> materi untuk praktikum "misal network programming dll" tapi nggak tahu deh
> kelanjutannya...8-) abis saya khan bukan di Lab TI, waktu itu cuma
> "sumbang saran saja".

untuk network programming udah berjalan dengan mulus...
meskipun sedikit 'blepotan' tentang pengimplementasiannya untuk
materi praktikum...

thanks atas sumbangannya... :)

nah, perkembangannya sekarang gimana, yah mungkin bisa tanya sama
mereka yang sekarang aktif di lab.

> Terus terang saat itu saya ingin "melanjutkan" hingga ke kutak-katik
> kernel, tapi tampaknya sambutan dari asisten "adem-adem saja" malah jadi
> saya yang "kelewat hot"...8-), atau tiap siswa bisa ada "small linux pada
> disk" (silahkan baca arsip milis ini....8-)

btw, gimana kalo disetiap lab di kampus 'harus' punya server linux satu
biji... ?
nah dengan demikian mereka (asisten/owner) enggak bakalan aneh dengan OS
linux,
sehingga mereka bisa tahu wujud-keguaannya apa/gimana, terus bisa
dibentuk
komunitas linux di kampus...
ada tanggapan?