Di bea cukai ada di kenal kategori barang2 yg masuk ke indonesia, di
kodekan istilahnya hs code ( harmonized code ) dari jenis ini ditentukan
nilai cukainya. dan itu akan di tagih ke penerima kiriman tsb.

Saya pernah lihat buku tsb, kelompok itu salah satu kelompok tsb adalah
electronic, tumbuh2an, textile, logam. nah setahu saya electronic tidak
terlalu tinggi nilai cukainya.. sayang saya tidak bisa menyebutkan nilai
persisnya berapa persen, biasanya kecil. Karena bea cukai kita waktu itu
menentukan berdasarkan value ( nilai barang tsb ) cuma seingat saya max
10%. Kayaknya di milis ini ada yg sering pesen buku deh...Adjieee...buka
suara

btw, kalo IT di malaysia ( bhs melayu, di s'pore, brunai, m'sia )
disebutnya teknologi maklumat. nah kalo software hardware apa
dong..hehehehe

Ade