At 18:09 12/03/2000 +0700, **sugi**, has written a message, and here is the
reply :
>numpang nanya dikit... Maaf kalau saya langsung mengirim mail ini
>ke alamat pribadi anda.
>
>Masih tentang kiriman buku tadi, bisa tahu kira kira bea yang
>kena disini berapa totalnya? Jadi saya ingin tahu biaya lain diluar
>harga buku yang sudah dibayarkan.
Tergantung banyaknya + beratnya
Kalau 1 -2 buku rada berat (1 -2 Kg), mungkin hanya kena bea lalu bea,
yaitu Rp. 1.000,-
Tapi kalau sampai 15 kg, bisa kena Rp. 65.000,- (dulu).
Biasa buku, asal nggak gila gilaan banyaknya sih nggak terlalu "mahal",
alias masih < 100.000
Yang mereka incar biasanya adalah CDROM, itu yang biasa kenanya tinggi.
Kalau CDROM , coba beli , misalnya Mandrake/Redhat Power Pack, yang isinya
6 CD per pak, dan sekaligus beli nggak 1 , tapi 10.
Giliran di declare oleh BC, wah itu bisa kena sampe Rp. 100.000,-, bahkan
Rp. 150.000,- bukan mustahil, sebab waktu itu saya sendiri pernah. Tapi
berhubung waktu itu lagi sale, dan CDnya yang saya beli amat sangat murah
sekali (cd game yang udah lama lama, maklum lah, saya jarang sekali main
game, paling mainannya hanya warcraft 1), kira kira 10 - 15 CD, diobral
sekitar $10 (Waktu itu $$ masih 3000 an), pas pas kena bea, suru bayar,
130.000 . ya udah saya biarin aja barangnya nggak diambil, alias buat si
kantor pos saja, lagian nge shock juga, suru bayar Rp. 130.000,- .

>Sekarang saya sedang berpikir untuk membeli beberapa buku dari
>amazon, tetapi kuatir kalau biaya ongkos kirim maupun cukainya
>jadi mahal. Dari orang kantor pos sendiri saya tidak dapat jawaban
>yang konklusif. Mohon bantuannya.

itu bukan urusannya orang kantor pos, tapi urusan orang bea cukai.
KAlau beli buku dari amazon, kita kan bisa set, membuat buku yang kita beli
itu sebagai GIFT untuk orang lain, untuk ini anda keluar dana sekitar
beberapa $$$ lagi sebagai uang untuk bungkus itu buku menjadi kado.
Nah anda minta itu kado dijadikan GIFT bagi anda sendiri, ini berlaku kalau
anda beli 5 - 10 buku gitu, dan bukunya tebal tebal.
Terus kan bisa ditulisin kata kata untuk si penerima, nah anda tulis lah
begini misalnya
:
Kepada Adinda Sugi tersayang,
Ini Paman memberikan kamu beberapa buku baru, sebagai hadiah ulang tahun mu
yang ke 10, karena kamu katanya sangat menginginkan buku buku ini, namun
tidak mampu membelinya.
Ini paman belikan, dengan uang tabungan paman, yang sudah 10 tahun paman
kumpulkan, untuk kamu.
Mudah mudahan kamu suka, dan kamu bisa menjadi anak yang baik serta berguna
bagi nusa dan bangsa.
Untuk Pak Pos yang baik, tolong paket buku ini diantarkan dengan sebaik
baiknya, semoga usahamu itu diridhoi oleh YME.

Nah biasa kalau digituin, sih, nggak kenapa napa.
Terus kalau bisa minta yang via pos tercatat, jangan via pos biasa, tapi
kalau tidak ada ya.... apa boleh buat.