Please respond to [EMAIL PROTECTED]

From: Ade <[EMAIL PROTECTED]> on 06/09/2000 02:02:50 AM GMT
To:   [EMAIL PROTECTED]
cc:    (bcc: WARSONO/MIS/UNITED_TRACTORS)
Subject:  Re: [GUNADARMA] Dosen itu memang selalu telat

Lho justru utk mengerjakan proyek kan perlu ilmu juga, mungkin saya termasuk yg
beruntung mendapatkan dosen yg mencoba menerapakan ilmu dgn pekerjaan.
Kebetulan dosen yg mengajar database juga mendesain datbase perusahaan
otomotif, nah kasus2 di kantornya dijadikan latihan di kelas. Jadi yg begini
ini sedikit yaaa ???oh betapa sedihnya....

Ada juga dosen yg dengan suka hati memperbolehkan buku di fotocopy (waktu masih
mhs beli buku berat lhoo )  dari perpustakaan di kantornya padahal itu  bermula
dari menjawab pertanyaan mhs yg kalau diterangkan itu panjang jawabannya.

Yg ini ada benarnya juga kalau di compare dgn 'dosen yg kegiatannya hanya
mengajar', saya melihat teman2 saya yg bekerja di bidang TI mereka sekarang
terlihat lebih rajin membaca utk mengupdate pengetahuan. Padahal waktu kuliah
lumayan  ancur, mungkin karena ada tantangan sehingga mereka menjadi rajin
belajar.

Untuk dosen2 yg rajin menulis, diskusi, hingga mempublikasikannya mungkin
statement 'dosen itu memang selalu telat' tidak berlaku. Buktinya ada dosen
matematika (waktu kuliah , dosen ini jurusannya MIPA), 9 th kemudian saya
melihat di toko buku ada buku ttg TCP/IP. Tapi memang dosen yg begini jarang
sekalehhhh.....

Nah untuk ini mungkin diciptakan iklim yg memacu dosen lebih untuk lebih baik.
Misalnya dibikin Dosen of the year, dosen yg baik 'cara mengajarnya',dosen
favorite dosen yg baik memberikan informasi, banyak sekali kriteria2 yg bisa
dibuat. Dan juga mungkin diadakan diskusi terbuka antara mhs dgn dosen, dari
bidang umum sampai khusus/berhubungan dgn suatu bidang tertentu hingga mata
kuliah tertentu. Dan untuk memulainya, sejelek apapun hasilnya jangan dicela
dulu..karena banyak juga yg bisa jadi patah arang.

Ade