On Fri, 9 Jun 2000, Sarwa Gunawan wrote:

|Menurut pendapat saya banyak dosen yang sudah berumur itu memang alergi sama
|komputer, sehingga ber-email-pun mereka segan. Mereka menyadari bahwa ilmu
|komputer mereka memang sudah kalah sama yang muda-muda. Jadi daripada
|kelihatan kekikukannya, yaa lebih baik menghindarinya, toh kata mereka dulu
|juga tidak ada komputer.

ini akan terjadi pada kita nantinya, jika tidak membiasakan diri untuk mau
tetap belajar dan mau mengikuti zaman. Tua dan muda sangat relatif
adanya. Jadi bukan karena masalah tua dan muda, tapi kita mesti belajar
dan terus belajar terhadapa perubahan. Kita atau generasi muda suka bilang
"akh bapak ku kuno, nggak mau ngikuti zaman" atau ungkapan sejenis
lainnya. Tanpa mau melihat perubahan zaman, belajar sebagai dosen, atau
apapun fungsi kita, tapi terutama dosen, maka kita akan ketinggalan juga
dalam banyak hal. Di pepatah bali dikatakan, bahwa sebagi pengajar adalah
tidak bedanya dengan tukang sapu, yang setelah selesai bersih menyapu
halaman masih banyak debu berterakan yang harus di bersihkan, dan dihari
esok muncul lagi sampah lain yang harus diperhatikan pula.
Intinya kita tidak bisa berhenti beljar kalau tidak mau dikatakan kuno.

|Sebaiknya didata dosen-dosen dengan latar belakang ilmu apa saja yang gagap
|komputer. Kalau saya perhatikan dosen berlatar belakang teknik, walaupun
|sudah berumur cukup antusias kok sehubungan dengan komputerisasi. Mereka kan
|sadar kalau mau iterasi pakai manual yaa bisa berhari-hari.

Zaman berubah, tidak hanya mereka yang berlatar belakang teknik, namun
kembali ke Individu masing masing, untuk mau berbesar hati mengakui dan
belajar dari siapapun. Kata Ebiet kan "jangan lihat siapa bicara, tapi
coba dengar apa katanya". Jadi kalau kita senior, kurang tahu satu hal ya
tanya.....bertanya bukan berarti bodo, tapi terlambat tahu........

jadi satria lebih bagus.......

Mbah dukun
+tukang naik jabotabek