> Perihal budaya baca ini mestinya kita mulai dari kecil. Kadang-kadang kalo orangnya
>sudah besar, dan kebetulan
> berada dilingkungan dimana budaya baca nggak bisa berkembang dalam dirinya, itu
>sangat sulit. Orientasi hidupnya
> udah terkontaminasi sama lingkungan. Kalo dari kecil udah dibiasain baca, pas udah
>gede, kebiasaan itu terbawa
> terus, dan relatif lebih gampang untuk diajak kembali ke 'budaya yang sehat' kalo
>seandainya dia ada di
> lingkungan 'budaya yang kurang sehat'. Kalo yang udah punya anak, bikin aja
> [...]
        Mengenai pengenalan budaya baca keanak ini, saya pernah baca trik
yg dilakukan seorang ayah u/ memperkenalkan budaya baca pada
anaknya.  Salah satunya, saat anaknya berulang tahun, beliau memberikan
souvenir kepada tamu2 anaknya berupa buku2 kecil, dan bukan makanan seprti
yg biasa dilakukan di era sekarang ini.
Dan terbukti hasilnya, anak2 tsb sangat senang dgn souvenir tsb dan saling
berebut u/ melihat-lihat buku kepunyaan temannya.