On Fri, 15 Dec 2000 [EMAIL PROTECTED] wrote:

> setahu gue di Gunadarma dosen tidak dapat dibeli hehehehee.. percuma, soalnya
> yang menentukan nilai A, B, C, D dan E itu bukan dosen :) tapi Sistem
> hehehehee.. :)

He.h.e tuh khan ada baiknya juga dosen nggak ngasih A,B,C...E  Tapi
sebaik apapun seketat apapun sistem kalau meamng mahasiswanya "niat" dan
"dosennya" niat.. tetap aja akan ada celah

Jadi pertanyaan kembali ke pada para mahasisswa.. "mau apa sih sebenarnya
kuliah ?"  Mau dapat nilai bagus... ?  Iri teman dapat nilai bagus ? atau
memang mau pintar ?

> untuk kos aja susah apalagi untuk ujian mandiri :P hehehhee... ,  makanya
> menurut gue mendingan nggak "ngulang" terus ikut jadi asisten terus dapet
> beasiswa  ini baru siip sekalian persiapan untuk kerja :)

He.h.e. jadi asisten, jadi dosen, disekolahin ke LN lagi..ha.ha.ha. 8-)

> Mengenai lulusan tergantung kepada mahasiswa itu sendiri :) kan ada pepatah
> "Masa depan Anda ditentukan oleh banyak hal, TETAPI terutama oleh Anda Sendiri".

Betul.. taruhlah dengan ujian mandiri para mahasiswa takut "citranya
sebagai" lulusan Uni tertentu jadi buruk, dan jadi nggak dapat kerjaan.
Sebetulnya nggak juga.  toh ada cara lain apa..

Misalnya.. kalau memang tuh mahasiswa takut nggak dapat kerjaan dan
saingan dari mereka yang dapat niali bagus dari um.. ya gampang...
"Buktikan kemampuan anda".

Cara termudah.. gabung ke developer Open Source.. (international jika
mungkin..)  Kalau anda sudah dikenal sebagai developer.. jangankan kerja
di dalam negeri.. Persh.. Internasional pun akan narik anda.. tanpa
ngeliat IPK anda berapa..

Contoh Caolan Mc Namaranya.. si Abiword.. (yg bikin konverter DOC) dia
langsung ditarik oleh SUN).

Nah kalau memang pada dasarnya mahasiswa sendiri masih mengharapkan "tidak
dinilai kemampuannya" tapi dinilai "IPK-nya" ketika bekerja.. ya sami
mawon.. di satu sisi protest "nilai baik karena UM" di sisi lain nggak mau
repot "buktikan kemampuan".

> BTW : Wisuda kemarin katanya sampai 3 shift ya hehehehee... kalo 1
> shift = 1500 mhs wisuda berarti 1500 * 3 = ..... :)  masa sih dari
> sekiran ribu mhs nggak ada yang berhasil :) kalo yang berhasilnya 1000
> mhs aja berarti sudah lebih banyak dari mhs lulusan PTN :)
> hehehehehee.. :)

Kalau 10% mahasiswa, kontribusi 1 halaman untuk manual Linux.. artinya
1500x3 --> 450 halaman sudah selesai

atau 10% mahasiswa menyumbang tulisan 1 halaman, maka 450 halaman (sekitar
5 buku sudah selesai.