At 15/12/2000 08:14 +0100, you wrote:
>On Fri, 15 Dec 2000 [EMAIL PROTECTED] wrote:
>

>He.h.e tuh khan ada baiknya juga dosen nggak ngasih A,B,C...E  Tapi
>sebaik apapun seketat apapun sistem kalau meamng mahasiswanya "niat" dan
>"dosennya" niat.. tetap aja akan ada celah

sistem memang perlu dirubah, namun yang lebih penting adalah menciptakan
suasana belajar.

>Jadi pertanyaan kembali ke pada para mahasisswa.. "mau apa sih sebenarnya
>kuliah ?"  Mau dapat nilai bagus... ?  Iri teman dapat nilai bagus ? atau
>memang mau pintar ?

menurut saya jawaban "kembali kepada para mahasiswanya" sudah menjadi suatu
jawaban yang mendasar dan tidak dapat di pakai dalam suatu argumen karena
masalah apapun akan terjawab dengan jawaban tersebut. hehehehe

diri kita terbentuk dari lingkungan sekitar, misalnya kampus. memang ada
segelintir orang yang bisa mempunyai kemandirian sehingga tidak terbentuk
oleh lingkungan yang "negatif".   namun tidak dapat dipungkiri bahwa
mayoritas orang akan terbentuk dari lingkungannya.  misalnya, seorang
mahasiswa tingkat satu, sebut saja si Oncom, dengan penuh semangat untuk
menjalani kuliah. lalu dia mengetahui adanya um dan manfaat dari um
tersebut.  dengan adanya um mental si Oncom dapat terancam karena dia telah
mengetahui "kemudahan" yang dapat diperoleh dari um. yang ahirnya mempunyai
pikiran, "ah, ngulang cuek aja, kan ada um". pikiran ini baru dateng dari
dirinya sendiri, belom pengaruh teman2 yang mempunyai pikiran yang sama.
pada akhir nya mereka semua "menggampangkan" kuliah dan hanya mengandalkan
um.  begitu kira2 gambarannya.

Jadi ada baiknya bila um di gundar dibatasi. Mis 5 sks persemester.atau
nilai tertinggi utk um adalah B dan lain sebagainya. Jadi yag udah berusaha
keras utk dapet A dan melewati jalan yang legal tidak merasa kecewa dan
merasa dihargai jerih payahnya ..... :)

> Sendiri".
> >

>Betul.. taruhlah dengan ujian mandiri para mahasiswa takut "citranya
>sebagai" lulusan Uni tertentu jadi buruk, dan jadi nggak dapat kerjaan.
>Sebetulnya nggak juga.  toh ada cara lain apa..
>
>Misalnya.. kalau memang tuh mahasiswa takut nggak dapat kerjaan dan
>saingan dari mereka yang dapat niali bagus dari um.. ya gampang...
>"Buktikan kemampuan anda".

Sayang disini blum banyak yg seperti itu ... ? Masih banyak yg cari
selembar kertas ... :)

Hebat khan gundar :). Makin banyak mhs yg keluar berarti makin banyak mhs
baru yg masuk. sayang kualitasnya tidak ditingkatkan :(

thx
kucink