Ok, gini gue jelasin lagi. Kalau ada yg keberatan
bisa nelalui jalur private aja.

Begini, yaaa...( gua pernah hal menyinggung ini
mungkin lebih dari 1 kali. ). Di buku pedoman
kuliah itu diterangkan
1. Harapan/ekspektasi kalau mahasiswa lulus dari
jenjang dan jurusan tertentu ( misalnya D3 MI,
dibuku itu di jelaskan bisa memimping proyek
sistem informasi de el el ).
2. Dipandu dalam mengambil mata kulia berdasarkan
smester dan prerequest untuk masing2 mata kuliah
dan keterangan penekanan mata kuliah tersebut
untuk jurusan masing2.(misal = DKxxxxx,
matakuliah dasar keahliah , MIxxxx=mata kuliah
jurusan MI )

Nah, kembali lagi 'gua rencananya mau kenal sama
Phyton', kita analogian "gua rencananya makan
nasi padang", 'ada yg tahu phyton seperti
apa?',"makanan padang apaan sih ?",dimanakah
planning dalam merencanakan suatu sistem solusi ?
Mungkin kalau pertanyaan dibalik, 'gua cari tools
untuk scripting yg canggih, mempunyai fungsi
pemrogram yg cukup komprehensive dgn jenis
masalah yg gua miliki bla bla, tools apa yg enak
yaa ?' atau cukup simpel saja,'gua dengar orang
banyak pake phyton...itu tools apaan sih ?'
mungkin lebih 'enak' di dengarnya.Nah dimana
logika berpikir dalam merencakan suatu sistem
solusi.Anda mungkin belum pernah mendengar orang
yang pertama kali mendesain huruf arab untuk
masuk ke dalam komputer bukan jurusan computer
science. Tapi dia menggunakan, logika berpikir yg
benar dengan cara menentukan kebutuhan, karakter
huruf bahasa arab dipadukan dengan ilmu yg pada
saat itu baru mulai di pelajarinya.

Salah satu contoh yg cukup representative dan
mengesankan pernah dilontarkan dosen basis data
yg bernama Indra Sandy, "sarat untuk bisa memulai
bekerja sebagai sistem analyst adalah dengan
belajar database dan menguasai salah satu bahasa
pemrogran". Basis data untuk bla bla, bahasa
pemrograman untuk mengimplementasikannya,kemudian
kalau untuk menintergrasikannya kedalam sistem
jaringan belajar sistem jaringan, dan seterusnya
sehingga semua mata kuliah yg ada di bangku
kuliah ini berhubungan.

Nah kembali ke masalah kritik yang saya lontarkan
mengenai logika berpiki,
" Justru hal - hal yang simple dan dianggap kecil
bisa membesar seperti utang
bangsa ini Mas..."

Salah satu masalah besar bangsa ini adalah tidak
mau mendengar kritik, jangankan kritik....di demo
saja masih ndableg...apakah anda akan ikut
seperti mereka dengan mamulai mengatakan kepada
orang lain bahwa orang mengkritik itu egois dan
pantasnya hidup di Mars? Terus dimana keterbukaan
berpikir anda? Tentu dilihat dari cara pandang
seorang yang sudah menengenyam pendidikan tinggi
cukup memalukan, kalau orang berpendidikan saja
begini, apakah kita akan berharap bahwa
pembangunan negara ini dimotori oleh para
pemulung ?

Kalau permulaan suatu masalah dimulai dengan
logika berpikir yang benar baru bisa dimulai
tahap berikutnya.
Ade