On Tue, 17 Jun 2003, Marhaena wrote:

> hehehe... saya lama2 jadi bingung... Bapak bilang "(heran diskusi koq pakai
> menang kalah)", yang artinya Bapak menitik beratkan win/win solution pada
> diskusinya, tapi sudah jelas2 saya bilang "win/win solution", yang berarti
> solusinya yg win/win bukan "siapa" yang win dalam diskusi ini... :)

Silahkan baca URL yg saya berikan 8-) ttg Reality 2.0

> [...]
> attitude
> mahasiswa dg peran serta kampus... jadi saya sangat setuju sekali bahwa
> attitude mahasiswa perlu berubah... tapi betul kata Bapak, saya tidak yakin
> mahasiswa dapat berubah dengan sendirinya jika kondisi lingkungan kampus
> tidak mendukung....
>
> Misalnya dengan meningkatkan kualitas/kedisiplinan dosen, asisten, manajemen
> (contoh: memperkecil jumlah mahasiswa dalam 1 kelas, sehingga kelas jadi
> tidak "berisik") dll.  Saya sangat yakin dengan berubahnya "kondisi kampus"

Saya tidak yakin 8-), kontroling ke dosen dari pihak Uni saat ini jauh
lebih baik dari saat 5-10 tahun yg lalu.  Tapi mahasiswanya ??? maaf saya
bisa katakan lebih ancur dari soal disiplin-nya.  Saya mulai mengajar di
Gunadarma 89 (lulusan TK pertama). Kontroling Uni terhadap dosen di
Gunadarma jauh lebih baik dari di PTN, tapi mahasiswanya ??

Hehe anda malah melupakan parameter utama-nya, yaitu mahasiswa 8-)

Merubah kontroling dosen, aturan dosen itu mudah sekali (SK rektor,
insentif dll), tapi merubah displin mahasiswa ?? jangan bilang 1 tahun
bisa berubah.

Selama mahasiswa tidak dianggap sebagai "tema utama" (atau pemeran utama)
dalam pendidikannya (tetapi yg jadi perang utama adalah Uni-nya), maka
sulit sekali mereka bisa berubah.  Karena akan selalu mendapatkan kambing
hitam.   Justru itu yg menurut saya paling utama, kalau mau memperbaiki
kualitas mahasiswa, ya sadarkan dulu bahwa :

- Pendidikan adalah tanggung jawab mahasiswa itu
- Displin dan kedewasaan adalah pra-syarat mahasiswa, bukan yg diberikan
  oleh lembaga pendidikan (emangnya Uni lembaga perawatan)