On Tue, 24 Aug 2004, Azil Adi Permana wrote:

> seringnya tutup jam 14:00 lho...
> kesel banget deh...

He he saya heran deh, kalau udah tahu jadwal jam segitu, ya ikut jadwal
jam segitu.  Biasasnya banyak yg udah tahu jadwalnya seperti itu datangnya
nggak ngikutin jadwal. (ruangan saya sebelahnya loket, jadi saya sering
melihat "prilaku" tersebut).

Di Jerman wajar saja setiap loket urusan, hanya buka sampai jam 12.00
(waktu selebihnya digunakan petugas mengurusi kerjaanyna). Kalau nggak
percaya coba ke Embassy.  Karena petugas butuh waktu "buka loket" dan
"memproses pekerjaan".

Jadi biasanya loket urusan mahasiswa buka hanya jam 9-12.00.  Dan hari
Jumat tutup, banyak juga di Uni lain pas hari Senin tutup. Loket bayaran
malah jam 11.00 tutup. Apa mahasiswa protest ? tidak ya tinggal kalo mo
ada urusan data pas waktunya, dan atur kegiatan lain.  Apa banyak antri di
tempat loket ya jelas..

Oh ya rata-rata mahasiswa di Jerman, bekerja untuk hidup.  Jadi tidak ada
alasan karena kerja nggak bisa ngatur waktu.   Perkuliahan pun ada yg
malam hari (seperti di Gunadarma).