On Tue, 24 Aug 2004, Ari Y. wrote:

> # Itu bagi operator2 yang bekerja di line Pak IMW... sedangkan bagi section2
> yang bertanggung jawab di line tersebut mungkin ada shift2 tertentu tetapi
> bila keadaan urgent ( line stop ) maka kita harus bisa mengarahkan para
> operator2 tersebut untuk menyelesaikan masalah line stop tersebut.Karena
> tanggung jawab yang diemban sudah begitu ( hal ini sama yang terjadi di
> negara penjajah pabrik kami / Jepang )

Tetap ada waktu kerjanya khan dan ada jadwal "bereitschaft" (ready 24
jam).  Kalau anda bisa memahami posisi Anda mengharuskan seperti itu,
mungkin Anda juga paham kalau dosen kadang-kadang "dapat panggilan"
emergency.

> staff kami sudah biasa, kami terkadang harus bisa mengikuti jadwal produksi
> yang sangat mepet karena efek dari line stop tersebut atau pihak eksternal
> ( keterlambatan material karena kapal yang akan datang terjadi delay
> disebabkan faktor cuaca ).
> Yach begitu lah yang terjadi di hampir setiap pabrik2 group kami ( astra

Sama dg cerita dosen di atas, hanya bedanya apa yg jadi "product" dan
processnya dari kerjaan di manufacturing tersebut.