2009 dalam perhitungan makro saya memang masih dalam tekanan mbah.
untuk domestik, tekanan muncul terutama dari external demand
(ekspor). dengan asumsi suku bunga (dan inflasi) turun serta
pemerintah bener2 niat di infrastruktur, maka gdp growth kita maks
akan 5% saja.

tapi yang menarik, kalau 2009 perekonomian kita berada di bottom,
maka analogi yang sama akan berlaku juga di indeks, itu artinya 2009
memang pas untuk belanja lagi. jadi ketika ekonomi mulai recover,
maka seyogyanya indeks sebagai leading indicator akan bergerak
duluan.

singkat kata, fluktuasi akan terjadi (make sense jika ada potensi
turun 15-20%) untuk melengkapi syarat terjadi sebuah lompatan. yang
paling bijak sekarang adalah beli di saat yang tepat. untuk itu kita
perlu jeli membaca kesempatan dimana diskusi para OB-ers di sini akan
sangat membantu para BEI participants.

Rgrds
Ekonombeling

Kirim email ke