PLN punya bbrp alternatif utk bhn bakarnya,aplg dgn sistem pmbangkit listrik yg
Interkoneksi Jawa Bali. PLN tinggal pilih mana yg plg efisien utk
dioperasikan.Umumnya,maximalkan PLTA dulu (tapi kapasitas PLTA cnderung kecil,
aplg klo musim kemarau air waduk surut),kekurangannya tinggal operasikan
PLTU2/PLTG2 brbahan bakar minyak/batu bara/gas,trgantung mana yg plg efisien
(hrg coal/oil/gas jd prtimbangan).Jd PLN pnya byk altrnatif PLTU/PLTG yg
efisien dioperasikan utk saat trtrntu. Perusahaan listrik di luar negeri jg
prinsipnya sama dgn PLN.
Yg susah mgkn pmbangkit swasta yg tdk pnya byk pilihan.Tp tntu mereka jg
pandai,jk pmbngkit utk pabrik milik swasta tsb brbahan bakar bt bara & jk scr
ekonomi saat ini bt bara lbh mahal,mrk tinggal pakai suplai listrik dr PLN.Atau
klo pabrik swasta tsb pnya duit,bs sj convert boiler PLTU-nya ke bhn bakar
minyak,jk dianailisa mmg lbh murah.
Sy jg heran knapa pnurunan hrg coal tdk secepat pnurunan oil (pdhl dulu oil lbh
mahal dr coal)? Mgknkah krn coal lbh utk kntrak jgka pnjang (apa kntrak oil
slama ini bkn jangka pnjang) ? Atau pnurunan hrg coal tinggal tunggu waktu?

Dodi Hendarman wrote:
>                Ada yg bisa, ada yg tidak. Tergantung peralatannya Sir. Paling
> bisa di kurangi pemakaian coal nya, combine with heavy oil. Itu pun dgn
> resiko maintenance cost meningkat. Salam. Sent from Blackberry From :  Rei
> Date : Sat, 24 Jan 2009 10:25:10 +0700 To : <obrolan-bandar@ yahoogroups.
> com> Subject : Re: [obrolan-bandar] Angpao dari embah buat yg nyangkut di
> BUMI   Itu yg saya tahu pak (power plant tdk bisa), kalo pabrik2 gimana ya?
> Thanks! 2009/1/24 Dodi Hendarman < freaker2001@ gmail.com > Coal paling
> banyak di pergunakan utk power plant dan Smelter Plant. Kalau harga coal
> [...]
 Angpao dari embah buat yg nyangkut di BUMI Mbah, apakah ada resiko
pengguna coal akan berbalik menggunakan oil krn coal sdh lbh mahal sekarang?
Itupun kalo mungkin lho (teknologi tidak bisa dirubah semudah itu?). 2009/1/23
jsx_consultant jsx-consultant@ centrin.net. id Dengan naiknya harga minyak,
dunia mencari energi yg lebih murah yaitu batubara, sehingga harga batubara
secara bertahap naik terus terhadap harga minyak. Saat ini Ratio tsb sudah
mencapai angka 2. Meskipun harga minyak pernah turun sampe lebel 32, harga coal
tidak pernah LEBIH RENDAH dari level 75.

      Get your new Email address!
Grab the Email name you&#39;ve always wanted before someone else does!