Utk money management, coba baca-2 buku karangan Alexander Elder, Daryl
Guppy, Van Tharp & Ray Jones
Utk Alokasi portfolio..banyak versi & style. Intinya ya alokasikan sebagian
besar dana ke saham yg menurut bapak paling kecil resikonya dan memberikan
upside potensial yg sangat besar. Semakin besar resikonya, ya alokasinya
lebih sedikit, meskipun upside potensial besar...*karena*..tujuan money
management adalah preserved capital..jadi faktor resiko menjadi prioritas
utama.
JIka money management benar dan disiplin diterapkan..seiring dengan
waktu..profit akan datang dengan sendirinya...semua itu hanya masalah
kedisiplinan..
Jumlah variasi saham yg dimainkan, tergantung dengan kemampuan bapak.
Idealnya, rule of thumb, portfolio tidak lebih dr 10... Paling ideal adalah
5. Jika variasi saham terlalu banyak..ini artinya tidak fokus dan susah
dimanage, dan bisa dipastikan profit portfolionya pun pasti tidak maksimal