Ulasan yang bagus. Sekedar tambahan/komentar dari saya. CMIIW.
Cheers,
robert

2009/6/2 Hendra Santosa <sa...@budgetmate.net>

> [...]
> sekarang si komo.
>
> Setelah senjata pertama, US$ jatuh karena Fed cetak duit untuk bikin duit
> di negara lain, sekarang mulailah skenario berikutnya, merampok duit orang
> lain.
>
> Senjata kedua terlihat dari melebarnya spread antara short term bond dan
> mid term bond. Short term dipertahankan untuk mendukung rally sementara mid
> term dibabat habis untuk bikin harga bahan baku mahal. Akibatnya industri di
> China akan kesusahan karena ongkos bahan baku naik. Sementara untuk eksport

1. Di Q1 2009, China membeli bahan baku melebihi dari yang dibutuhkan. (Saya
baca di koran HK). Jadi mungkin mereka sudah membaca scenario tersebut.

2. China berusaha maintain pertumbuhannya dengan mengembangkan usaha
pedesaan. Mungkin (pendapat saya pribadi) maksudnya untuk mengalihkan target
trading (export) ke dalam negeri China.

3. Saya kurang mengerti maksudnya YUAN kemahalan. Bukannya YUAN di peg ke
US.

> Secara trend, jelas mengarah kesana. Secara timing kalau tidak salah
> sekitar 2-4 minggu lagi. China dipojokkan untuk menyetujui proposal
> Geithner. Kalau China menolak, semua bisa kacau, karena uang senjata pertama
> harus ditarik balik atau minyak bisa naik ke langit karena $ jatuh, kalau
> China setuju semua kembali normal, tapi duitnya 'dirampok'.

1. Menurut saya China sudah mempersiapkan strategi untuk menghadapi scenario
ini. (ngga tau strateginya apa).

2. Mungkin, terlepas dari ekonomi, China akan memakai kesempatan ini untuk
memperoleh dukungan US dalam bidang lain. Misalkan kontrol yang lebih luas
di lembaga2 dunia seperti IMF, dll.

3. China mulai menggunakan YUAN dalam transaksi luar negeri (masih jauh dari
target). Hong Kong sudah mulai menggunakan YUAN. Kalo ngga salah (lupa
pernah baca dimana) Indonesia jg termasuk salah satu negara yang akan/sudah
diperbolehkan memakai YUAN.

4. Mengenai Rampok, he..he.. China uangnya ada sekitar 700 Billion di US
treasury.. Jadi pasti mereka akan menggunakan ini sebagai bargaining power
ke US. Terasa nggak sekarang US lebih lunak perlakuannya ke China. Jadi
sepertinya China jg mempunyai agenda tertentu.