hmm sorry pak, saya hanya ingat korelasi kuatnya saja pak, ceritanya panjang
sepertinya, mesti cari di google.

Kesimpulan yang saya ingat begini kalau kita bikin matrix korekasi antara
masing2 hal dengan tingkat maturity bond-nya:

1. ST bond korelasi tertinggi-nya adalah dengan Fed rate. Fed rate cenderung
mengikuti gerak market ST bond untuk mendukung pembiayaan usaha2/program2
pemerintah jangka pendek. Nah program pemerintah jangka pendek ini biasanya
terkait emergensi krisis ekonomi. Misalnya pemerintah meningkatkan budget bikin
infrastructure, medicare, dll. Ini akan menjadi greenshot yang menggerakkan
roda ekonomi, mengurangi jumlah pengangguran dalam jangka pendek. Ini bisa
dipakai buat mendukung rally index.

2. MT bond korelasi tertinggi-nya adalah dengan komo. Nah ini saya lupa
alasannya hehe mesti search di google, tapi banyak research menunjukkan MT
adalah patokan inflasi. Nah inflasi terkait dengan perkiraan harga komoditas.

Penting di keduanya adalah peran Fed sebagai pembeli siaga mayoritas keduanya.
Jadi ... fed adalah boss besarnya, dia yang menentukan ST dan MT.

Saya ketawa aja melihat komentar Fed saat ditanya kenapa spread-nya melebar.
Mereka bilang tidak tau, ada spekulan, china sedang withdraw, kemudian bilang
wait n see. Mereka kan seumur hidup cuma mengurusi hal2 tersebut ditambah peran
mereka yang besar, menurut saya sih tidak mungkin tidak tahu.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Vernichtung <gambler....@...> wrote:

> Menarik nih pak Hendra, bagaimana sih hubungannya antara ST bond dengan
> rally di equities dan MT bond dengan komiditas.  Sorry kalau pertanyaannya
> newbie banget. Thanks sebelumnya.

Kirim email ke