Tergantung sahamnya, kalo BC apalagi weightingnya besar, biasanya transaksi
F memberikan sentimen pada pergerakan harga, dalam artian kalau F jual,
pasar ikut jual, vice versa. (chartnya pernah saya kirim, atau cek di situs
yang ga boleh disebut pas jam trading itu)

Kalau F di 2nd liner.. hmmm mesti cek n ricek. Saya bilang F bisa nipu,
bukan berarti selalu nipu.

Dan yang jelas F juga bisa nyangkut, ini serius, even kegocek sama emiten.
Disini (OB) kan mayoritas ritel, yang belum tentu bisa dagang pake F,
makanya asumsinya F itu adalah big money (mau asing/aseng/asiong itu ga
penting).

Bisa aja ada broker nakal yang nekat pake F palsu, yah kalau bicara
penyimpangan dimana-mana pasti ada, tapi engga semua broker nakal pak. Yang
prudent pun banyak. dan yang jelas segala penyimpangan ada sanksinya, ya itu
urusan otoritas lah.

Regards,
DE