pengalaman saya sendiri di institusi, di level manage fund ratusan milyar.
alpha generating secara konsisten dobel-digit diatas expected return
dibandingkan benchmark itu sulit, apalagi ketika sudah masuk angkanya ke
trilyunan. beat market dengan spread 10% dngn rata2 beta seimbang atau tidak
jauh dengan pasar sudah jadi satu catatan yg memuaskan. apalagi jujur
pilihan saham di idx tidak terlalu banyak. tapi pengalaman saya di level
account yg lebih kecil (say level rata2 account individu lah), alpha
generating secara konsisten dengan minimum effort pada batas-batas tertentu
bisa dilakukan. meski kesempatannya tidak konstan setiap saat.

yg penting untuk di"uji" sebenernya, dari semua metode yg diklaim dan
dimiliki semua expert, mana yg secara riil dan konsisten bisa beat market
dan apakah jumlah yg berhasil ini melebihi "simpangan wajar" teoritis dari
partisipan pasar. ( jika ternyata misalnya semua partisipan expert yg ikut
bisa beat benchmark dan generate alpha, maka berarti market kita masih bisa
di-exploit. tapi jika ternyata hanya 25 % dari expert partisipan yg bisa
alpha generating maka berarti in some way or another pasar kita sudah
efisien, (simpangan wajar kalo di pasar efisien 25% beat market, 50%
average, 25% underperform market, top FM biasanya selalu bercokol di kuartil
atas bahkan di top 5% dr simpangan tadi).

jika kita anggap partisipasi dari seluruh expert dengan metodenya masing2
bisa mencerminkan perilaku pasar, ada 2 hal yg ingin saya konfirmasikan ;

1. Gabungan hasil dari semua expert ini returnnya "rata-rata" ato memang
secara agregat pun bisa dapet excess return yg tinggi secara konsisten dalam
1 periode tertentu. ato jangan2 setelah disesuaikan fee malah underperform
benchmark ?

kalo hasilnya gabungan dari hasil para expert ini signifikan di atas return
pasar maka kita bisa yakin bahwa exploit excess return di idx bisa
dilakukan, kemudian bisa telaah lagi, expert dengan pendekatan mana yg
paling stabil dan tinggi alpha nya.

kalo hasilnya gabungan dari para expert ini tidak signifikan diatas return
pasar maka poinnya disarankan any ordinary investor yg gak mau capek dan
repot belajar ato gak mo bikin PR di idx should just buy index and dont
bother their ass playing a coolball try to beat the market.
2. Berhasil ato tidaknya pengujian metode para expert terhadap efisiensi
pasar modal indonesia ini pada akhirnya ditentukan oleh faktor apa?
(misalnya nanti sudah ketemu expert2 yg konsisten alpha generating di ujung
periode pengujian) apakah di metode-nya kah ? di manajemen psikologi-nya
kah? di kompleksitas tekniknya? ato malahan di taktik money management nya?.
ato gabungan semuanya? saya kira ini penting untuk didokumentasikan ketika
nanti the real and consistent alpha generatornya udah ketahuan. what's
really matter on the quest of alpha hunting ini ? dengan pengujian akun riil
dengan aturan jelas yg disepakati rasanya ini bisa dilakukan sebagai sebuah
studi empiris.

--
Each piece, or part, of the whole nature is always an approximation to the
complete truth, or the complete truth so far as we know it. In fact,

Kirim email ke