Pak Dodik dan rekan2 lainnya,

Mohon maaf kalau thread ini tidak berhub dengan Milis OB,
Seperti yang sudah dituliskan oleh Pak Dodik sendiri, bahwa Virtual
Box/Virtual Machine yang dipakai dijalankan diatas Linux Box, sehingga
konfigurasi seperti itu seakan2 Pak Dodik punya 2 komputer yang mana
yang pertama adalah Linux dan yang keduanya adalah Windows yang
dihubungkan secara cascade dengan si linux nya.
Konfigurasi ini sangat baik untuk mekanisme firewall seperti yang
sudah saya email sebelumnya, apalagi kalau Pak Dodik mau belajar lebih
lanjut mengenai setting/konfigurasi firewall di Linux, sehingga akan
lebih aman lagi.

Yang jelas ip address yang dipakai oleh si windows didalam linux box
tersebut, bukanlah ip public yang dapat terekspose ke Internet
sehingga dalam jangkauan aman, apalagi didepan dari windows tersebut
adalah linux box yang cukup aman untuk dipakai sebagai firewall.
(linux itu sendiri dalam kondisi normal/default sudah cukup aman,
tergantung pada distronya juga sih)

Mengenai BO bagaimana? sekalinya BO bisa dimasukkan kedalam virtual
machine windows nya akan tetap mampu bekerja seperti layaknya keadaan
normal. Tetapi tanpa ip public BO akan susah di remote access (afaik),
dengan menerapkan pola guna yang benar terhadap komputer yang kita
pakai, saya kira hal ini tidak akan menjadi masalah.

Tidak download sembarangan, tidak install program sembarangan,
disinyalir beberapa vendor besar seperti SONY pun,
menggunakan/meminjam mekanisme dari worm/trojan untuk melindungi
produknya dari tindakan pembajakan. Sebetulnya pembajakan adalah salah
satu alasan besar munculnya virus/trojan.

Demikian sedikit info dari saya, semoga berguna.

Regards,

Jul

--
Best regards,
 julyanto                            mailto:[EMAIL PROTECTED]

Kirim email ke