Sekilas sharing.
Alternatif akses saya:
- fren (cdma)
- XL 3G.

fren dpt kecepatan aksesnya sangat lambat (30-40 Kbps), akan tetapi kalau
buat akses HOTS udah cukup.
XL 3G (HSDPA malah) kecepatan fantastis saat ini aja bisa dpt 727 Kbps
uplink, downlink 89 Kbps, tapi kalau dpt yg GPRS ya kurang lebih sama ama
fren di atas (tapi itupun sudah cukup buat OLT).
cuman sayangnya bbrp waktu ini sering tidak reliable, kadang-kadang suka
putus, daerah akses di thamrin jkt, padahal pas libur lebaran kemarin di
rumah cuman dpt akses GPRS relatif stabil sepanjang hari nggak pernah putus
koneksinya.

pengalaman pas intensif pake fren buat OLT biaya pulsa sekitar Rp. 300
rb/bulan, artinya +/- terpakai/kebutuhan buat OLT 150 MB/bulan dan saya
sangat jarang pakai buat browsing. (note biaya akses internet fren rp.
2/KB).

Menggunakan XL 3G saya pakai yg paket 250 MB juga tidak pernah lewat limit.

--
Rgds,
Jati Santosa