Untuk menguatkan pendapat embah & rekan yg lain ane mau cerita dikit:
Ane udah 11 th jadi investor & pernah kerja di sekuritas, ane investor yg
cenderung ambil keputusan pake analisa fundamental.
Waktu nickel tinggi-tingginya portfolio ane 98% diconvert ke ANTM, masih
belum puas karena yakin ke 5000, ane nambah lagi pake margin.
Ane investor yg suka fokus, buat ane yg namanya diversifikasi & hedging
adalah bullshit !
Bet, only 2 : Win or Loss (kalo hedging menurut ane gak punya pendirian,
kaya loe beli sekaligus jual di harga yg ampir sama)
Kemudian, tau sendiri.. Waktu 13 rebuan cut loss sebagian, sampe 1925 margin
call, cut loss lagi, mewek dah..bisa abis cuan yg dikumpulin 3 taon.
Memang waktu sell beberapa saat kemudian jadi 1850, keliatannya cut loss
tindakan yg bener.
Ane merenung dan ngerasa jadi orang yg paling bego, karena di harga nickel
tinggi-tingginya koq beli ANTM begini banyak.
Praise The Lord, sekarang ANTM udah balik ke 16 rebuan (harga dulu), tapi
hitungannya portfolio ane masih lebih bagus sebelum beli ANTM (karena ilang
barang & cut loss sebagian)

Sekarang ane cerita adik sepupu yg akhir taon kemaren nitip beli ANTM bareng
ane waktu ANTM naik dari 8 rebu ke 14 rebu. Itu pertama kali dia beli saham
dan setelah itu bbrp kali beli nitip. Karena ngerecokin, akhirnya ane suruh
buka account sendiri.  Setelah itu, ini yg dia trading2in :
Bolak balik beli jual, bbrp cut loss tapi kebanyakan untung.
TMPI, modal die di bawah 1000, lepas setelah suspend (3 ribuan)
Terakhir portfolio dia 100% BUMI. Ini udah nurunin modal bbrp kali, misal
jual 2400 beli 2300, jual 3600 buy back lagi 3400 dst.
Skrg murni untungnya yg dia puterin.
Jadi siapa yg pintar siapa yg bodoh..

Ane percaya, kalo udah ditentuin YMK rejeki nggak akan lari ke mana-mana.
Posting Pak SBY termasuk yg ngga pernah ane liwatin.